Jokowi Putuskan Ibu Kota Pindah Ke Luar Jawa

Presiden Joko widodo setuju Ibu Kota Negara Di pindah ke luar jawa, hal tersebut di putuskan oleh Presiden jokowi dalam rapat terbatas terkait pemindahan Ibu Kota di Kantor Presiden. Menurut Kepala Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang brodjonegoro, terdapat tiga alternatif yang di tawarkan kepada presiden.

Berikut adalah tiga alternatif tersebut :

Alternatif yang pertama yaitu adalah Ibu Kota tetap di Jakarta, tapi daerah sekitar Istana dan Monas hanya dipergunakan khusus untuk kantor-kantor pemerintahan, kementerian, dan lembaga. Alternatif yang kedua yaitu, Pusat Pemerintahan di pindah ke luar Jakarta, akan tetapi masih dalam radius sekitaran 50 – 70 km dari Jakarta. Alternatif yang ketiga yaitu, adalah memindahkan Ibu ke luar pulau Jawa, khusus nya lebih mengarah kepada Kawasan Timur Indonesia.

Menurut Kepala Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro “Dalam rapat tadi di putuskan, Presiden memilih alternatif ketiga. yaitu memindahkan Ibu Kota ke Luar Jawa. Ini barangkali salah satu putusan penting  yang di lahirkan hari ini. Tentunya akan di lanjutkan dengan tahap berikutnya yang akan di bicarakan lebih teknis, bicara design dan bicara mengenai masterplan dari kota itu sendiri”.

Sumber foto: Wallpapercave.com.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *