Jauhi Rokok! Rokok Dapat Memicu Kematian Akibat Penyakit Jantung

Bagi para perokok mungkin berhenti merokok bukanlah hal yang mudah, kita sendiri sudah mengetahui efek dari kebiasaan merokok. Namun, resikonya sangat besar untuk kesehatan, memicu penyakit jantung, kanker, Impotensi, gangguan kehamilan dan janin.

Studi terbaru mengungkap merokok juga bisa memicu kematian dikarenakan penyakit jantung. Penelitian yang dilakukan Australian National University (ANU) mengatakan, paling sedikit 17 warga Australia meninggal setiap harinya disebabkan oleh penyakit jantung dan sejenisnya, yang dikarenakan oleh merokok.

Ini merupakan penilitian yang paling mendalam di dunia yang pertama kalinya menunjukkan bagaimana merokok dapat mempengaruhi seluruh sistem di jantung dan seluruh aliran darah utama. Kesimpulannya, merokok memicu hampir dari semua penyakit yang berhubungan dengan jantung.

Profesor Emily Banks dari ANU mengatakan bahwa rokok menyebabkan 11.400 orang harus dirawat dirumah sakit setiap tahunnya karena penyakit yang berhubungan dengan jantung. Berarti 31 orang setiap harinya. Bila seorang perokok mengalami serangan jantung ataupun strok, besar kemungkinan disebabkan oleh rokok.

Rokok sendiri juga bisa dapat dikatakan melakukan bunuh diri secara perlahan-lahan. Padahal, para perokok telah diberi peringatan yang dituliskan di kotak rokok itu sendiri yang berbunyi “MEROKOK MEMBUNUHMU”, akan tetapi tetap saja tidak terlalu efektif, untuk membuat para perokok berhenti merokok. Para pegiat kesehatan di Australia menyarankan bagi mereka yang masih merokok untuk segera berhenti, untuk menurunkan resiko terkena penyakit yang berhubungan dengan jantung, bahkan lebih parahnya lagi memicu kematian.

Sumber Foto : cdns.klimg.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *