Jangan Lakukan Kebiasaan Ini Agar Smartphone Kamu Bertahan Lama

Smartphone, siapa yang tidak bisa jauh dari ponsel? apakah kamu tidak bisa terlepas dari smartphone? memang pada kenyataannya smartphone ini selalu dalam genggaman kita, dan juga pastinya selalu ada di saku kita. Karena smartphone ini memang penting untuk kehidupan sehari-hari. Secara tidak sadar mungkin kebiasaan yang kita lakukan pada keseharian kita memiliki efek merusak smartphone kita.

Jangan lakukan kebiasaan-kebiasaan seperti yang dibawah ini jika ingin smartphone mu bertahan lama.

1. Membawa Ponsel Ke Kamar Mandi

Banyak orang yang sering membawa smartphone ke kamar mandi untuk mengatasi rasa bosan. Jika sering membawa ponsel ke kamar mandi, bisa berakibat buruk karena bisa saja dengan mudah smartphonemu terkena air ataupun masuk ke dalam air.

2. Smartphone Dibiarkan Semalaman Di Charge

Seringkali kita meninggalkan ponsel kita yang terhubung ke pengisi daya semalaman agar saat kita terbangun di pagi hari baterai sudah mencapai 100%. Sebenarnya tidak berbahaya menurut Edo Campos, Perwakilan dari produsen baterai Anker mengatakan “ Tidak perlu khawatir untuk pengisian baterai berlebih, karena perangkat modern akan mengakhiri muatan dengan benar pada tegangan yang sesuai.“ Tanpa kita sadari seiring waktu berjalan, kebiasaan tersebut dapat mengurangi kapasitas baterai.

3. Mengosongkan Baterai Sepenuhnya

Baterai Lithium-ion dari beberapa smartphone diprogram untuk sejumlah siklus pengisian/ pemakaian penuh dari 100% sampai dengan 0%. Jika hal tersebut terjadi secara berulang, maka akan membuat kapasitas baterai mengurang. Lebih baik untuk tidak menunggu baterai ponsel benar-benar habis. Bagusnya mengisi daya sebelum habis , ketika baterai 20%.

4. Kebiasaan Meninggalkan Smartphone Di Dalam Mobil

Bukan hanya tentang keselamatan saja, akan tetapi faktanya bahwa pendinginan yang berlebihan ataupun pemanasan yang berlebihan. Dalam keadaan panas dapat mempengaruhi prosesor smartphone secara negatif, sehingga memunculkan kondensasi di dalam smartphone kamu.

5. Membersihkan Smartphonemu Dengan Bahan Kimia Sembarangan

Bahan kimia rumah tangga yang mengatakan “Universal” bisa juga terdapat elemen-elemen yang dapat merusak smartphonemu. Bahan kimia tersebut mengandung amonia dan zat zat lain yang dapat merusak lapisan antistatik dan anti-reflektif yang ada di layar. Lama kelamaan, senyawa kimia ini akan menjadi alasan munculnya keretakan, menguning, kekeruhan pada monitor dan display. Lebih baik membersihkan smartphone dengan pembersih khusus untuk smartphone.

Sumber Foto : kliknklik.com/

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *