Pentingnya Tidur Siang, Ternyata Memiliki Banyak Manfaat Untuk Kesehatan

Tidur merupakan cara yang paling ampuh untuk mengatasi tubuh dan otak dari kelelahan. Padatnya kegiatan sehari-hari dengan aktifitas memang membuat kita merasa lelah. Tidur siang ternyata baik untuk anak-anak dan juga orang dewasa. Banyak orang dewasa yang tidurnya kurang dan disarankan untuk melakukan kegiatan ini.

Orang dewasa kebanyakan memiliki rutinitas yang padat, dengan padatnya rutinitas kadang-kadang membuat waktu tidur menjadi kurang. Biasanya dalam sehari, orang-orang tidur selama 7-8 jam. Bahkan ada yang hanya bisa tidur 5-6 jam saja tergantung tingkat kesibukan masing-masing orang. Apabila waktu tidur di malam hari berkurang, maka efek yang dirasakan oleh tubuh adalah seperti mudah lelah di pagi hari, terlebih sebelum siang hari akan merasa lebih cepat mengantuk.

Akan tetapi, ada juga pandangan seseorang yang menganggap bahwa tidur siang pertanda seseorang memiliki sifat yang malas. Kebiasaan tidur siang untuk orang dewasa mencerminkan tingkat produktivitas yang rendah. Penting untuk diketahui, tidur siang malah akan meningkatkan produktivitas seseorang.

Berikut manfaat dari tidur siang                                   

1. Mengurangi Stress

Padatnya aktivitas dari pagi hari akan membuat tubuh kita menjadi lelah dan juga menimbulkan stress. Stress ini juga bisa mengganggu kinerja kita. Karena pada saat mengantuk di siang hari, kadar hormon kortisol akan naik dan menimbulkan stress. Maka dari itu tubuh kita membutuhkan tidur di siang hari untuk menghilangkan kantuk dan menurukan kadar kortisol. Tidurlahh sejenak di siang hari, di sela waktu makan siang akan sangat bermanfaat untuk menyegarkan pikiran kembali dan terhindar dari stress.

2. Memperbaiki Mood

Mengantuk dan kelelahan di siang hari hanya akan membuat mood kita berantakan. Ketika mood kita terganggu, kita akan menjadi lebih mudah tersinggung dan malas untuk menanggapi arahan yang diberikan oleh atasan kita. Solusi mengatasi mood yang jelek ini adalah dengan tidur siang sejenak. Kurangnya waktu tidur akan membuat hormon neuroendokrin di dalam tubuh menjadi tidak seimbang dan kita menjadi mudah merasa marah. Tidur siang akan membantu untuk menyeimbangkan hormone neuroendokrin dan membantu meredam amarah. Tidur siang juga membuat kita menjadi rileks dan bisa melanjutkan pekerjaan dengan baik.

3. Mengembalikan Fokus

Selagi kita tidur, area di dalam otak yang berfungsi menyimpan memori akan diaktifkan kembali. Pada saat tidur siang, saraf yang bekerja untuk daya ingat akan aktif dan membuat kita dapat lebih mudah untuk mengingat dan jadi lebih fokus. Saat terbangun, kemampuan untuk lebih fokus pada pekerjaan akan kembali. Tidur siang membuat tubuh yang lelah dan mengantuk terobati, dan pada saat kita terbangun, pikiran akan menjadi lebih jernih.

4. Mengembalikan Tenaga

Lelahnya tubuh sangat mempengaruhi kinerja kita. Setelah tidur siang, tubuh akan menjadi lebih segar dan otot-otot yang semula tegang akan menjadi lebih rileks lagi. Tentunya kita akan merasa lebih bersemangat dan lebih segar lagi untuk melanjutkan rutinitas.

Sumber Foto : res.cloudinary.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *