Bahaya Jika Terlalu Sering Menggunakan Earphone Bagi Kesehatan

Biasanya earphone ataupun headset digunakan untuk mendengarkan musik ataupun radio yang dihubungkan dengan perangkat lain seperti handphone. Bukan hanya itu kegunaannya, tapi earphone juga sering digunakan untuk mempermudah komunikasi seperti menelpon.

Earphone digunakan sebagai alat bantu yang memudahkan kita untuk mendengarkan sesuatu, pengguna nya memilih earphone karena bisa mendapatkan kenyamanan. Bentuk nya yang simple dan sederhana membuat banyak orang memilih produk ini untuk mendengarkan suara dari balik perangkat seperti handphone.

Sebagai alat yang dianggap menguntungkan, banyak orang yang kemudian tidak bisa lepas dari penggunaanya. Banyak juga orang yang menggunakan Earphone sehingga lupa waktu dan juga tidak berhenti-henti alias tidak ada batasan waktu. bukannya mendapatkan kenyamanan saat melakukan aktivitas, malahan bisa mendapatkan dampak buruk bagi kesehatan jika keseringan menggunakan earphone.

Ada baiknya kita mengetahui lebih terlebih dahulu tentang dampak buruk jika terlalu sering menggunakan earphone. Berikut adalah beberapa bahaya menggunakan earphone terlalu sering

1. Kerusakan Permanen Pada Telinga

Bahaya menggunakan earphone terlalu sering yang pertama adalah bisa menyebabkan gangguan pendengaran. Penggunaan earphone yang terlalu sering ini biasanya bisa kita temukan pada mereka yang masih muda dan remaja. Ini bisa saja terjadi ketika telinga sudah tidak bisa lagi menanggung beban suara keras yang dihasilkan melalui earphone.

Paparan suara yang berulang dapat menyebabkan kerusakan telinga bagian dalam, dan yang pada akhirnya dapat menyebabkan gangguan pendengaran dan masalah kesehatan. Maka dari itu, penting untuk memerhatikan dan memeriksa level volume earphone sebelum menggunakannya, dan juga jangan terlalu sering menggunakan earphone dengan volume yang tinggi.

2. Infeksi Telinga

Earphone digunakan untuk telinga, oleh karena itu sangat memungkinkan penyebaran kuman ataupun bakteri di sekitar area pendengaran. Earphone ini kemungkinan menjadi tempat bakteri berkembang biak, maka dari itu perlu diperhatikan untuk kebersihan dari earphone.

Bahkan jika kita sering meminjam atau meminjamkan earphone, maka itu akan memberi kemungkinan untuk tertular bakteri penyebab infeksi telinga. Sebisa mungkin untuk menggunakan earphone secara pribadi saja. Jika kamu terpaksa untuk menggunakan earphone seseorang, pastikan untuk membersihkannya terlebih dahulu sebelum menggunakannya.

3. Gangguan Otak

Gelombang elektromagnetik yang dihasilkan oleh earphone dapat membahayakan bahaya serius bagi otak. Karena, telinga bagian dalam langsung terhubung langsung dengan otak, sehingga infeksi sekecil apapun pada bagian dalam telinga dapat berpengaruh pada otak.

Sumber Foto : memecomic.id

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *