Hindari Kebiasaan Tidur Terlalu lama, 5 Penyakit Ini Bisa Menyerang

Kurangnya waktu beristirahat sangat berisiko bagi kesehatan, akan tetapi jika tidur terlalu lama atau berlebihan juga akan berdampak buruk bagi kesehatan. Pada saat di akhir pekan, banyak orang lebih memilih untuk berleha-leha dan tidur untuk waktu yang terbilang lama untuk mengembalikan energi yang hilang.

Jika kamu memiliki kebiasaan seperti tidur untuk waktu yang terlalu lama, sebaiknya untuk segera dihindari, karena tidur untuk waktu yang lama itu faktanya tidak baik untuk kesehatan. Tidur memang terasa nikmat, tetapi jika kita tidur terlalu lama makan akan rawan terkena beberapa penyakit.

Seperti apa beberapa penyakit tersebut? Berikut diantaranya,

Diabetes Dan Obesitas       

Saat kita tertidur, proses metabolisme di dalam tubuh berjalan secara lambat. Hal ini juga meningkatkan kadar gula darah yang tinggi dan risiko diabetes tipe-2. Bukan hanya membuat tubuh terkena diabetes saja, tetapi lebih buruknya juga bisa membuat tubuh kelebihan berat badan atau obesitas. Dalam sebuah penelitian, orang yang waktu tidurnya terlalu lama memiliki risiko 21% lebih tinggi terkena obesitas.

Penyakit Jantung

Sebuah studi yang dilakukan terhadap 72 Ribu partisipan wanita, diketahui bahwa mereka tidur 9 – 11 jam per hari memiliki risiko penyakit jantung koroner setinggi 38%.

Walaupun peneliti belum bisa mengidentifikasi hubungan antara penyakit jantung dan terlalu lama tidur, penyakit jantung juga bisa terjadi akibat sindrom metabolik. Sindrom metabolik tidak hanya sebabkan penyakit jantung, tetapi juga diabetes karena dampak dari tingginya kadar gula dan kelebihan lemak di daerah sekitar pinggang.

Mudah Lupa

Seperti yang telah diketahui, tidur itu mampu memperkuat ingatan. Asalkan jika kita mempunyai porsi tidur yang sehat. Sebaliknya, tidur yang berlebihan malahan akan membuat kita menjadi gampang lupa ataupun pikun karena memperlambat fungsi sel otak. Tidur yang lebih dari 9 jam akan meningkatkan risiko demensia menjadi dua kali lipat pada 10 tahun kedepan.

Depresi

Menurut para ahli, sebanyak 15% penderita depresi cenderung tidur untuk waktu yang lama. Nyatanya, itu justru malah makin memperburuk kondisi depresi orang tersebut.

Sakit Punggung

Terlalu lama tertidur akan lebih rawan menderita sakit punggung. Terutama dengan Kasur yang tidak nyaman atau pun kondisi postur tubuh.

Untuk mengurangi resiko sakit punggung, biasakan untuk tidur selama 7-8 jam perharinya dan kurangi konsumsi kafein ataupun alkohol menjelang tidur.

Sumber Foto : http://4.bp.blogspot.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *