Mengapa Junk Food Terasa Sangat Nikmat ?

Junk Food, makanan yang tidak sehat dan sering dianggap buruk untuk dikonsumsi oleh tubuh karena tingginya kalori, namun kandungan nutrisinya rendah. Ada juga makanan yang paling banyak disajikan oleh restoran cepat saji dan masuk kualifikasi junk food antara lain seperti cake, minuman bersoda, es krim, burger, hot dog, dan lainnya.

Mengapa junk food sangat disukai dan banyak orang susah untuk menolak godaannya? Berikut adalah alasan mengapa junk food sangat digemari walaupun sudah banyak yang mengetahui bahwa makanan ini buruk bagi kesehatan.

Murah

Mungkin yang menjadi alasan pertama yaitu adalah murah. Harga yang relatif murah dan mendapatkan porsi yang besar. Bahkan, beberapa restoran juga menyediakan paket makanan yang membuat kita bisa mendapatkan beberapa jenis makanan dengan harga yang sangat ekonomis. Walaupun banyak junk food harganya murah, terlalu banyak mengkonsumsi makanan jenis ini akan membuat kita mengeluarkan lebih banyak uang dalam jangka panjang, dan juga memiliki dampak buruk terhadap kesehatan.

Praktis

Makanan instan, sangat mudah untuk disiapkan. Kita juga bisa menyimpannya sebagai cadangan makanan untuk dirumah tanpa khawatir akan cepat basi. Sama halnya dengan makanan cepat saji, kita bisa pesan dengan mudah dan penyajiannya sangat cepat. Akan tetapi, gizi utama dalam makanan seperti ini adalah karbohidrat.

Manis, Berlemak, Asin, Atau Ketiganya

Junk food memiliki banyak rasa, dari yang manis, berlemak, asin, atau kombinasi dari ketiganya. Itu adalah alasan mengapa makanan yang rasanya cenderung tawar seperti sayuran hanya disukai oleh sebagian orang. Bagi orang yang menyukai rasa manis atau asin, junk food adalah jawabannya.

Tidak hanya sekedar rasa, kombinasi gula dan lemak juga menciptakan tekstur yang disukai oleh banyak orang. Lemak yang menciptakan tekstur lembut, dan ‘creamy’ seperti es krim. Bukan berarti bahwa makanan sehat tidak mempunyai tekstur yang baik. akan tetapi terkadang untuk menikmati buah dan sayur segar kita memerlukan waktu untuk terbiasa

Menjadi Kebiasaan

Sudah mudah ditemukan dan ada dimana-mana, mudah untuk dikonsumsi, makanan ini menjadi kebiasaan. Bukan masalah besar jika sesekali mengkonsumsi junk food. Tetapi, kesalahan besar adalah  jika menjadikannya sebagian dari pola makan harian, maka kamu akan berisiko mengalami kelebihan berat badan atau obesitas.

Jika kamu melihat restoran junk food, cobalah pikirkan kembali dampak makanan itu terhadap kesehatan. Makanlah makanan yang lebih sehat.

Sumber Foto : washingtonpost.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *