Hati-Hati, Terlalu Sering Konsumsi Minuman Manis, Bisa Sebabkan Kematian Dini

Tentunya sangat menyegarkan sekali meminum minuman yang manis dan dingin sesusai melakukan aktivitas. Akan tetapi, kebiasaan ini ternyata berdampak buruk untuk kesehatan.

Para ahli sudah lama mengklaim bahwa mengkonsumsi makanan dan minuman yang tinggi kadar gulanya sangat berbahaya bagi kesehatan. Riset yang terbaru pun membuktikan, bahwa sering mengkonsumsi minuman manis dapat meningkatkan risiko kematian dini akibat penyakit kardiovaskular.

Mereka yang mengkonsumsi minuman manis sebanyak dua kaleng ataupun lebih, memiliki 31% berisiko lebih tinggi untuk mengalami kematian dini akibat penyakit jantung. Bukan Hanya itu, setiap tambahan porsi juga dikaitkan dengan peningkatan 10% risiko penyakit yang sama

Riset yang telah di pimpin oleh peneliti dari Harvard T.H. Chan School Of Public Health juga menemukan, jika sering mengonsumsi minuman manis dapat meningkatkan kematian akibat kanker, hingga dengan sebesar 18%.

“Hasil kami memberi dukungan lebih lanjut untuk membatasi asupan minuman manis dan menggantinya dengan minuman lain, terutama air putih.”

“Ini demi meningkatkan kesehatan dan umur panjang secara keseluruhan “ ucap salah satu peneliti Vasanti Malik.

Pada riset sebelumnya menemukan hubungan antara asupan minuman manis dan kenaikan berat badan. Riset tersebut menunjukkan adanya risiko diabetes tipe-2, penyakit jantung, dan stroke yang lebih tinggi serta mengarah kepada kematian dini.

Sebuah produk dianggap mengandung gula tinggi juga memiliki kandungan gula lebih dari 22,5 kilogram per 100 gram sajian. Produk rendah gula hanyalah produk yang mengandung lima gram dalam setiap 100 gram sajian.

Penelitian menemukan, mengganti minuman yang mengandung pemanis dari gula dan minuman dengan pemanis buatan juga dikaitkan dengan risiko kematian dini yang rendah. Namun, mengonsumsi minuman tinggi pemanis buatan, setidaknya empat porsi perhari, dapat meningkatkan risiko kematian karena kardiovaskular di kalangan wanita. Maka dari itu, peneliti menyarankan kita untuk menghindari untuk mengonsumsi pemanis buatan.

Riset ini juga untuk menguatkan penerapan pajak untuk pemasaran minuman soda, karena harga untuk membeli minuman tersebut tidak sebanding dengan konsekuensi nya. Riset ini bukan menentukan sebab akibat antara efek mengkonsumsi minuman manis dengan kematian dini.

Sumber Foto: static.republika.co.id        

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *