Investasi Emas Memang Paling Cocok Untuk Generasi Milenials, Berikut Alasannya

Pada saat ini, Investasi Emas sedang menjadi unggulan dari banyak kalangan. Khususnya milenial, sudah beralih dan mencoba investasi emas. Lebih banyak keuntungan yang didapat katanya.

Lantas, apa saja keuntungan tersebut? Bagi anda yang baru mau memulai investasi emas, simak terlebih dahulu keuntungan investasi ini dibanding investasi yang lainnya.

Mudah Di Cairkan         

Emas merupakan asset yang mudah untuk dicairkan, alias sangat likuid dibandingkan dengan investasi lain seperti saham, obligasi, deposito berjangka. Karena dengan sifatnya yang likuid, emas adalah asset yang bisa dicairkan untuk kebutuhan darurat dan mendesak lainnya.

“Semakin banyak orang paham, emas itu adalah pilihan investasi yang sekaligus hedging. Milenial nabung sedikit-sedikit saat membutuhkan bisa dijadikan jaminan. Begitu kita mempunyai tabungan emas, bisa mendapatkan akses funding dengan bunga yang relatif murah dan kompetitif” kata Direktur Pengembangan Produk dan Pemasaran Pegadaian, Harianto Widodo di Jakarta, Selasa (30/7).

Maka dari itu, Harianto menyarankan Anda untuk berinvestasi emas jika asset anda ingin aman. Akan tetapi, tidak semua portofolio investasi anda dilarikan ke investasi emas, melainkan harus dilakukan diversifikasi.

“Kita tidak sarankan semua portofolionya di emas ya, tetapi paling tidak, kalau mau aman 10 persen dari aset kita itu dalam bentuk emas.” Ucap Harianto.

Hasilkan Capital Gain

Tidak seperti saham dan mata uang kripto pada umumnya, menyimpan emas justru menghasilkan keuntungan. Menuru Harianto, emas memang cenderung stabil dari zaman dulu hingga dengan saat ini.

“Menyimpan emas ini tidak menghasikan return cashflow, tetapi akan menghasilkan Capital Gain. Capital Gain ini akan terasa kalau mainnya panjang, 8-10 tahun ini bisa 7-8persen” Kata Harianto.

Pengganti Uang

Emas Merupakan pengganti uang bila mana suatu saat terjadi krisis moneter. Sebab, dahulu emas memang digunakan untuk alat tukar sebelum mata uang resmi di terbitkan.

“Kalau ada krismon, itu emas bisa digunakan untuk mata uang. Karena memang dulunya mata uang.” Kata Harianto.

Banyak Tersedia Di Platform Digital        

Pada saat ini, investasi emas sudah banyak tersedia di platform digital seperti Pegadaian. Tentu saja dengan penggunaan platform digital ini sangat memudahkan milenial yang terbiasa dengan gadget.

Di Pegadaian, Kata Harianto, Investasi emas bisa menggunakan aplikasi Pegadaian Digital Service. Dari situ, pengguna bisa mengakses segala macam transaksi, mulai dari membuka tabungan, jual beli, transfer emas, mencetak emas, dan gadai tabung emas.

Sumber Foto : money.kompas.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *