zebra

Sebuah studi baru mengungkap mengapa zebra memiliki belang di tubuhnya. Belang itu bukan karena evolusi demi kamuflase yang menjadi perdebatan selama ini.

Dilansir dari University Herald, Senin (25/01/2016), profesor di UC Davis wildlife biology, Tim Caro, menyatakan bahwa penelitiannya menunjukkan bukti bahwa belang zebra bukan untuk kepentingan kamuflase. “Justru, kami menolak hipotesis lama yang diajukan Charles Darwin dan Alfred Russell Wallace itu,” tambahnya.

Berbagai hipotesis telah diajukan untuk menjelaskan manfaat belang zebra, termasuk membingungkan predator, melindungi diri dari serangga pembawa penyakit, mengontrol suhu tubuh dan kohesi sosial. Untuk penelitian ini, para peneliti mengambil gambar digital dari lapangan di Tanzania dan menyimulasikan bagaimana predator utama zebra, yakni singa dan hyena, serta zebra sendiri, melihat garis-garis itu.

Mereka juga mengukur lebar dan kontras, dan menarik kesimpulan berdasarkan pengetahuan dari kemampuan visual berbagai binatang bergaris-garis. “Kami melakukan serangkaian perhitungan di mana kami mampu memperkirakan jarak di mana singa dan hyena, serta zebra, dapat melihat garis-garis zebra pada siang hari, senja, atau selama malam berbulan,” terang peneliti utama Amanda Melin dari University of Calgary, Kanada.

Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa belang sulit dibedakan oleh mata karnivora besar dalam jarak melebihi 50 meter di siang hari atau 30 meter kala senja, dan hanya 9 meter pada malam tak berbulan. Di lapangan terbuka, singa bisa melihat garis zebra semudah pemangsa berukuran sama dengan pola shading cukup padat.

“Dan terakhir, zebra yang bergerak dianggap mempesona dan membingungkan predator penyerang karena menciptakan ilusi optik”, kata Rubenstein. Penelitian ini masih memerlukan studi lanjutan.

Nonton BPL yang mudah dan simple bisa kamu dapatkan di sebuah aplikasi Layanan OTT (Over The Top) yang dapat diakses kapan saja dan di mana saja bernama Genflix menyajikan lengkap pertandingan BPL melalui website dan aplikasi. Anda bisa menyaksikan siaran LIVE pertandingan BPL secara lengkap melalui perangkat seluler, baik dari smartphone maupun tablet, dengan aplikasi Genflix 2.0 yang bisa diunduh secara gratis di Play Store dan App Store. Dan lewat website www.genflix.co.id, Anda bisa nonton streaming dari laptop atau PC via browser Google Chrome. Tidak hanya Serie A, Genflix.co.id juga menghadirkan banyak liga sepakbola dunia yang masih panas diperbincangkan seperti Liga Champions, UEFA Europa League, Liga Spanyol , Serie A Italia, Ligue1, Futebol Brasileiro, hingga liga bergengsi Amerika dengan segudang bintang veteran Eropa, MLS yang tayang secara legal di Genflix.co.id

Semua konten terbaik Genflix.co.id bisa diakses lewat paket terbaru, Paket Maxi. Hanya dengan membeli paket Maxi seharga Rp 49,000 untuk 30 hari, Anda tidak hanya bisa menyaksikan pertandingan tayangan BPL saja, tapi juga dapat mengakses semua tontonan yang ada di Genflix, termasuk film-film blockbuster. Yuk segera unduh aplikasi Genflix di Play Store dengan klik link ini https://goo.gl/Mfk4S8 Sedangkan untuk perangkat iOS, klik link berikut https://goo.gl/nS6NDA untuk mendapatkan aplikasinya di App Store.

Mau nonton GRATIS? Tinggal download aplikasi dari link di atas dan masukkan redeem code : WELIKEGENLIX. Selamat menyaksikan tayangan terbaik dan berkualitas kelas dunia di Genflix.co.id.

 

 

 

 

 

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>