CSL

Satu persatu bintang kelas dunia hijrah ke Liga Super China.

Dalam beberapa dekade terakhir, sepakbola Eropa menjadi kiblat para pemain di seluruh belahan dunia. Mereka berlomba-lomba merumput di liga sepakbola di dunia biru.

Selain faktor gengsi, liga yang kompetitif hingga tawaran gaji menggiurkan menjadi alasan mengapa para bintang ternama dunia sangat bernafsu bisa merumput di sana. Khususnya di liga domestik Inggris, Premier League.

Namun, dalam beberapa tahun terakhir, tren ini mulai bergeser. Beberapa pemain kelas dunia, satu persatu mulai meninggalkan Eropa dan menjajal peruntungan ke China dengan merumput di Liga Super China.

Berbeda dengan Liga Utama Amerika yang lebih sering membidik para bintang kelas dunia yang sudah uzur. Sejumlah klub China berani mendatangkan para bintang yang sedang dalam usia emas mereka. Tentunya dengan tawaran gaji dan pembelian fantastis yang sulit ditolak.

Pergerakan masif klub-klub Liga Super China dalam bursa transfer Januari kemarin pun mulai membuat Premier League ketar-ketir. Manajer Arsenal, Arsene Wenger, salah satunya yang memberikan peringatan.

Pria asal Prancis itu menilai kemampuan finansial klub Negeri Tirai Bambu menjadi ancaman nyata. Tak tertutup kemungkinan, nantinya Liga Super China akan membuat pamor Premier League meredup.

“Tentu saja, Premier League harus waspada karena nampaknya China punya kemampuan finansial yang bisa memindahkan beberapa Liga di Eropa ke sana,” kata Wenger seperti dilansir Sportsmole.

Di bursa transfer Januari lalu, klub-klub China memang membuat geger publik pecinta sepakbola. Yang pertama dilakukan oleh Jiangsu Suning. Mereka memboyong gelandang milik Chelsea, Ramires dengan harga Rp500 miliar.

Tak berselang lama, giliran striker Atletico Madrid, Jackson Martinez yang ikut mencoba peruntungan di China. Pemain berusia 29 tahun itu memilih merapat ke Guangzhou Evergrande dengan banderol Rp765 miliar.

Dan nama terakhir yang datang ke Jiangsu ialah Alex Teixeira. Pemain yang sebelumnya berseragam Shaktar Donetsk sampai harus menolak tawaran Liverpool karena Jiangsu menawarkan uang lebih besar.

Menurut laporan Daily Mail, sejauh ini klub-klub yang bertarung di kompetisi kasta tertinggi China telah mengeluarkan uang dengan jumlah Rp2 triliun juta selama bursa transfer. Jumlah lebih besar mereka keluarkan untuk gaji pemain yang nilainya mencapai Rp3,5 triliun.

Mantan pemain liga Eropa yang kini merumput di China, Tim Cahill, tidak menyangka dengan fenomena gila ini. Bintang internasional Australia itu bahkan memprediksi fenomena gila ini bakal berlanjut.

“Saya menghabiskan satu tahun dengan mereka. Ketika saya pertama kali datang ke China, saya tahu visi mereka, saya tahu apa yang mereka inginkan, namun jika melihat akhir-akhir ini, itu cukup gila,” ujar pemain berusia 36 tahun ini.

Nonton BPL yang mudah dan simple bisa kamu dapatkan di sebuah aplikasi Layanan OTT (Over The Top) yang dapat diakses kapan saja dan di mana saja bernama Genflix menyajikan lengkap pertandingan BPL melalui website dan aplikasi. Anda bisa menyaksikan siaran LIVE pertandingan BPL secara lengkap melalui perangkat seluler, baik dari smartphone maupun tablet, dengan aplikasi Genflix 2.0 yang bisa diunduh secara gratis di Play Store dan App Store. Dan lewat website www.genflix.co.id, Anda bisa nonton streaming dari laptop atau PC via browser Google Chrome. Tidak hanya Serie A, Genflix.co.id juga menghadirkan banyak liga sepakbola dunia yang masih panas diperbincangkan seperti Liga Champions, UEFA Europa League, Liga Spanyol , Serie A Italia, Ligue1, Futebol Brasileiro, hingga liga bergengsi Amerika dengan segudang bintang veteran Eropa, MLS yang tayang secara legal di Genflix.co.id

Semua konten terbaik Genflix.co.id bisa diakses lewat paket terbaru, Paket Maxi. Hanya dengan membeli paket Maxi seharga Rp 49,000 untuk 30 hari, Anda tidak hanya bisa menyaksikan pertandingan tayangan BPL saja, tapi juga dapat mengakses semua tontonan yang ada di Genflix, termasuk film-film blockbuster. Yuk segera unduh aplikasi Genflix di Play Store dengan klik link ini https://goo.gl/Mfk4S8 Sedangkan untuk perangkat iOS, klik link berikut https://goo.gl/nS6NDA untuk mendapatkan aplikasinya di App Store.

Mau nonton GRATIS? Tinggal download aplikasi dari link di atas dan masukkan redeem code : WELIKEGENLIX. Selamat menyaksikan tayangan terbaik dan berkualitas kelas dunia di Genflix.co.id.

 

 

 

 

 

 

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>