Tidak ada aturan pasti mengenai usia yang tepat untuk belajar silat, namun guru silat dan aktor laga Cecep Arif Rahman berpendapat anak sudah bisa mulai berlatih silat pada umur tiga tahun.

 

“Ini berdasarkan pengalaman saya,” kata Cecep di Jakarta, Rabu.
Pesilat yang muncul dalam film “Star Wars: The Force Awakens” itu menjelaskan bahwa ada tahapan yang harus dilewati sebelum belajar bela diri.
Pada usia tiga sampai enam tahun, menurut dia, anak-anak dilatih melakukan gerakan bebas, yang penting mereka terbiasa bergerak secara aman.
“Misalnya latihan jatuh yang aman,” kata pria yang kerap mengikuti turnamen bela diri di luar negeri itu.
Ketika menginjak enam tahun, ia melanjutkan, anak bisa mulai diajari menghafal gerakan silat, namun belum dilatih menggunakannya untuk bela diri.

“Takut dipakai untuk menyakiti orang,” katanya.

“Umur 16 tahun ke atas, kalau sudah stabil, baru diajari bela diri,” kata Cecep, yang menjadi instruktur silat Panglipur di sebuah klub kebugaran Jakarta.

Pria yang aktif mengajar silat di Garut dan Jakarta itu menegaskan bahwa pencak silat adalah seni bela diri yang bebas namun aman. Dia mencontohkan, tidak ada larangan untuk menggigit lawan dalam silat.

Kendati demikian, pencak silat tidak boleh dipakai untuk tujuan mematikan. “Kalau bisa jangan sampai mencelakakan, cukup untuk melumpuhkan saja,” katanya.

Nonton Blockbuster dan Top Series yang mudah dan simple bisa kamu dapatkan di sebuah aplikasi Layanan OTT (Over The Top) yang dapat diakses kapan saja dan di mana saja bernama Genflix menyajikan lengkap Blockbuster dan Top Series melalui website dan aplikasi. Anda bisa menyaksikan Blockbuster dan Top Series secara lengkap melalui perangkat seluler, baik dari smartphone maupun tablet, dengan aplikasi Genflix 2.0 yang bisa diunduh secara gratis di Play Store dan App Store. Dan lewat website www.genflix.co.id, Anda bisa nonton streaming dari laptop atau PC via browser Google Chrome. Tidak hanya Blockbuster dan Top Series. Genflix.co.id juga menghadirkan banyak liga sepakbola dunia yang masih panas diperbincangkan seperti BPL, Liga Champions, UEFA Europa League, Liga Spanyol , Serie A Italia, Ligue1, Futebol Brasileiro, hingga liga bergengsi Amerika dengan segudang bintang veteran Eropa, MLS yang tayang secara legal di Genflix.co.id

Semua konten terbaik Genflix.co.id bisa diakses lewat paket terbaru, Paket Maxi. Hanya dengan membeli paket Maxi seharga Rp 49,000 untuk 30 hari, Anda tidak hanya bisa menyaksikan pertandingan tayangan BPL saja, tapi juga dapat mengakses semua tontonan yang ada di Genflix, termasuk film-film blockbuster. Yuk segera unduh aplikasi Genflix di Play Store dengan klik link ini https://goo.gl/Mfk4S8 Sedangkan untuk perangkat iOS, klik link berikut https://goo.gl/nS6NDA untuk mendapatkan aplikasinya di App Store.

Mau nonton GRATIS? Tinggal download aplikasi dari link di atas dan masukkan redeem code : WELIKEGENLIX. Selamat menyaksikan tayangan terbaik dan berkualitas kelas dunia di Genflix.co.id.

 

 

 

 

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>