Eropa meluncurkan satelit yang akan membantu memprediksi fenomena cuaca seperti El Nino dan melacak peningkatan pemanasan global sebagai bagian dari proyek observasi miliaran-euro Copernicus Earth.

Satelit Sentinel-3A, bagian dari sistem satelit untuk memantau Bumi, diluncurkan menggunakan peluncur roket dari kosmodrom Plesetsk di Arkhangelsk, bagian barat laut Rusia, pukul 12:57 EDT (1757 GMT) pada Selasa (16/2).

Satelit menuju orbit 815 kilometer di atas Bumi, dari mana satelit akan mengumpulkan data suhu dan tinggi permukaan laut yang akan memberikan kontribusi untuk prakiraan cuaca yang lebih akurat dan membantu memprakirakan dampak kenaikan suhu.

“Ketika bicara tentang pemanasan global kita sering fokus pada kenaikan suhu udara, tetapi 90 persen dari energi yang masuk pada planet kita berakhir di laut,” kata Direktur Program Observasi Bumi Badan Antariksa Eropa (European Space Agency/ESA) Volker Liebig kepada kantor berita Reuters menjelang peluncuran.

Data dari Sentinel-3A, yang bekerja bersama satelit lain untuk dikirim pertengahan 2017, juga bisa membantu perusahaan ekspedisi merancang rute yang lebih efisien dan dapat digunakan untuk memantau kebakaran hutan dan tumpahan minyak serta memperkirakan waktu tanam.

ESA telah berkomitmen menyediakan delapan miliar euro sampai 2020 untuk Proyek Copernicus, yang digambarkan sebagai program observasi Bumi paling ambisius sampai saat ini.

Peluncuran proyek Copernicus menjadi sangat mendesak setelah Eropa kehilangan kontak dengan satelit observasi Bumi Envisat pada 2012 setelah sepuluh tahun.

Gambar-gambar yang diambil oleh Sentinel-3A resolusinya lebih rendah daripada dua satelit pertama yang dikirim ESA untuk Copernicus – Sentinel-1A dan 2A – tapi 3A akan mencakup wilayah Bumi yang lebih luas.

Satelit tersebut dapat memberikan gambar seluruh planet dalam dua hari, yang akan dipotong menjadi kurang dari satu hari setelah kembarannya 3B bergabung tahun depan.

Sementara satelit Sentinel-1 dan Sentinel-2, menurut Liebig, membutuhkan sekitar enam hari.

Nonton Blockbuster dan Top Series yang mudah dan simple bisa kamu dapatkan di sebuah aplikasi Layanan OTT (Over The Top) yang dapat diakses kapan saja dan di mana saja bernama Genflix menyajikan lengkap Blockbuster dan Top Series melalui website dan aplikasi. Anda bisa menyaksikan Blockbuster dan Top Series secara lengkap melalui perangkat seluler, baik dari smartphone maupun tablet, dengan aplikasi Genflix 2.0 yang bisa diunduh secara gratis di Play Store dan App Store. Dan lewat website www.genflix.co.id, Anda bisa nonton streaming dari laptop atau PC via browser Google Chrome. Tidak hanya Blockbuster dan Top Series. Genflix.co.id juga menghadirkan banyak liga sepakbola dunia yang masih panas diperbincangkan seperti BPL, Liga Champions, UEFA Europa League, Liga Spanyol , Serie A Italia, Ligue1, Futebol Brasileiro, hingga liga bergengsi Amerika dengan segudang bintang veteran Eropa, MLS yang tayang secara legal di Genflix.co.id

Semua konten terbaik Genflix.co.id bisa diakses lewat paket terbaru, Paket Maxi. Hanya dengan membeli paket Maxi seharga Rp 49,000 untuk 30 hari, Anda tidak hanya bisa menyaksikan pertandingan tayangan BPL saja, tapi juga dapat mengakses semua tontonan yang ada di Genflix, termasuk film-film blockbuster. Yuk segera unduh aplikasi Genflix di Play Store dengan klik link ini https://goo.gl/Mfk4S8 Sedangkan untuk perangkat iOS, klik link berikut https://goo.gl/nS6NDA untuk mendapatkan aplikasinya di App Store.

Mau nonton GRATIS? Tinggal download aplikasi dari link di atas dan masukkan redeem code : WELIKEGENLIX. Selamat menyaksikan tayangan terbaik dan berkualitas kelas dunia di Genflix.co.id.

 

 

 

 

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>