Ilmuwan melakukan penelitian kapan oksigen (O2) mulai muncul di Bumi. Seperti diketahui, oksigen merupakan salah satu elemen penting untuk proses respirasi makhluk hidup.

Dilansir Science20, Senin (22/2/2016), studi geologi terbaru berdasarkan data dari Western Greenland mengindikasikan bahwa tingkatan kecil dari oksigen atmosfer berkembang sekira 3,8 miliar tahun lalu.

Data terbaru ini sekaligus menunjukkan kemunculan oksigen lebih awal dari perkiraan sebelumnya. Ilmuwan menjelaskan, terjadinya oxygenation dari atmosfer Bumi muncul dalam dua tahap.

Pertama, dinamakan Great Oxidation Event yang muncul 2,5-2,4 miliar tahun lalu. Tahap kedua, berkaitan dengan masa Late Neoproterozoic sekira 750 hingga 540 juta tahun lalu.

Waktu tersebut diyakini sebagai masa awal berkembangnya hewan atau disebut dengan istilah ‘Cambrian explosion‘ pada 540-520 juta tahun lalu.

Tim peneliti internasional yang dipimpin oleh Professor Robert Frei dari Department of Geoscience and Natural Resource Management di University of Copenhagen merilis studi terbaru mereka. Peneliti menganalisis Banded Iron Formations (BIFs) tertua dari Western Greenland.

Ilmuwan mendapatkan informasi pada komposisi dan kemunculan proses oxygenation atau pengurangan air laut . Kemudian, analisis lapisan BIF dari Western Greenland menunjukkan elemen yang membutuhkan kehadiran oksigen di atmosfer.

“Hal ini umumnya dipercaya bahwa awal Bumi sepenuhnya anoxic (keadaan tanpa oksigen), tetapi studi kami menunjukkan bahwa permukaan Bumi terekspos oksigen rendah pada masa itu (3,8 miliar tahun lalu). Hal ini telah jauh mencapai implikasi terkait bagaimana kita menyelidiki laju evolusi kehidupan dan keanekaragaman hayati di planet Bumi,” jelasnya.

Nonton Blockbuster dan Top Series yang mudah dan simple bisa kamu dapatkan di sebuah aplikasi Layanan OTT (Over The Top) yang dapat diakses kapan saja dan di mana saja bernama Genflix menyajikan lengkap Blockbuster dan Top Series melalui website dan aplikasi. Anda bisa menyaksikan Blockbuster dan Top Series secara lengkap melalui perangkat seluler, baik dari smartphone maupun tablet, dengan aplikasi Genflix 2.0 yang bisa diunduh secara gratis di Play Store dan App Store. Dan lewat website www.genflix.co.id, Anda bisa nonton streaming dari laptop atau PC via browser Google Chrome. Tidak hanya Blockbuster dan Top Series. Genflix.co.id juga menghadirkan banyak liga sepakbola dunia yang masih panas diperbincangkan seperti BPL, Liga Champions, UEFA Europa League, Liga Spanyol , Serie A Italia, Ligue1, Futebol Brasileiro, hingga liga bergengsi Amerika dengan segudang bintang veteran Eropa, MLS yang tayang secara legal di Genflix.co.id

Semua konten terbaik Genflix.co.id bisa diakses lewat paket terbaru, Paket Maxi. Hanya dengan membeli paket Maxi seharga Rp 49,000 untuk 30 hari, Anda tidak hanya bisa menyaksikan pertandingan tayangan BPL saja, tapi juga dapat mengakses semua tontonan yang ada di Genflix, termasuk film-film blockbuster. Yuk segera unduh aplikasi Genflix di Play Store dengan klik link ini https://goo.gl/Mfk4S8 Sedangkan untuk perangkat iOS, klik link berikut https://goo.gl/nS6NDA untuk mendapatkan aplikasinya di App Store.

Mau nonton GRATIS? Tinggal download aplikasi dari link di atas dan masukkan redeem code : WELIKEGENLIX. Selamat menyaksikan tayangan terbaik dan berkualitas kelas dunia di Genflix.co.id.

 

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>