Ada banyak cara untuk mencegah demam berdarah dengue (DBD). Salah satunya adalah menangkal nyamuk vektor DBD menggigit tubuh kita atau memasuki rumah kita.

Profesor parasitologi dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Saleha Sungkar, mengatakan bahwa jenis-jenis tanaman tertentu terbukti efektif menangkal nyamuk.

Zodia (Evodia suaveolens S) salah satunya,” katanya dalam diskusi tentang virus zika di Jakarta, minggu lalu.

Zodia merupakan tumbuhan asli Papua. Ciri-cirinya berdaun kecil, datar, dan berwarna kuning kehijauan. Tumbuhan ini bisa dibeli dengan mudah di banyak tempat.

Saleha mengatakan, zodia bisa ditanam di halaman rumah. “Tanaman itu mengeluarkan bau yang tidak disukai nyamuk,” katanya.

Hasil penelitian yang dilakukan oleh Mutiara Widawati dan Marliah Santi dan dipublikasikan di jurnal elektronik Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Kesehatan pada 2 Desember 2013 mengungkap, zodia juga terbukti efektif bila dioleskan.

Dalam risetnya, kedua peneliti mengungkapkan bahwa penambahan minyak nilam pada ekstrak zodia dengan konsentrasi 4 persen mampu melindungi tubuh dari nyamuk selama 6 jam.

Berbasis riset itu, riset anti-nyamuk berbasis zodia bisa dilakukan. Bagi publik, menanam saja kini sudah membantu.

Selain zodia, tumbuhan lain yang bisa dimanfaatkan untuk penangkal nyamuk adalah lavendel, serai, rosemary, dan mint.

Saleha mengatakan, Aedes aegypti sebagai pembawa virus penyebab DBD sangat menyukai bau manusia. Karenanya, jenis itu cenderung berada di dalam rumah.

A aegypti juga mudah bertelur, bahkan di tempat yang volume airnya 1-2 cc saja. Oleh sebab itu, upaya menjaga rumah untuk bersih dan mengurangi genangan air merupakan langkah penting.

Selain menanam tanaman anti-nyamuk, setiap orang perlu untuk menjaga kebersihan guna mencegah DBD.

Nonton Blockbuster dan Top Series yang mudah dan simple bisa kamu dapatkan di sebuah aplikasi Layanan OTT (Over The Top) yang dapat diakses kapan saja dan di mana saja bernama Genflix menyajikan lengkap Blockbuster dan Top Series melalui website dan aplikasi. Anda bisa menyaksikan Blockbuster dan Top Series secara lengkap melalui perangkat seluler, baik dari smartphone maupun tablet, dengan aplikasi Genflix 2.0 yang bisa diunduh secara gratis di Play Store dan App Store. Dan lewat website www.genflix.co.id, Anda bisa nonton streaming dari laptop atau PC via browser Google Chrome. Tidak hanya Blockbuster dan Top Series. Genflix.co.id juga menghadirkan banyak liga sepakbola dunia yang masih panas diperbincangkan seperti BPL, Liga Champions, UEFA Europa League, Liga Spanyol , Serie A Italia, Ligue1, Futebol Brasileiro, hingga liga bergengsi Amerika dengan segudang bintang veteran Eropa, MLS yang tayang secara legal di Genflix.co.id

Semua konten terbaik Genflix.co.id bisa diakses lewat paket terbaru, Paket Maxi. Hanya dengan membeli paket Maxi seharga Rp 49,000 untuk 30 hari, Anda tidak hanya bisa menyaksikan pertandingan tayangan BPL saja, tapi juga dapat mengakses semua tontonan yang ada di Genflix, termasuk film-film blockbuster. Yuk segera unduh aplikasi Genflix di Play Store dengan klik link ini https://goo.gl/Mfk4S8 Sedangkan untuk perangkat iOS, klik link berikut https://goo.gl/nS6NDA untuk mendapatkan aplikasinya di App Store.

Mau nonton GRATIS? Tinggal download aplikasi dari link di atas dan masukkan redeem code : WELIKEGENLIX. Selamat menyaksikan tayangan terbaik dan berkualitas kelas dunia di Genflix.co.id.

 

 

 

 

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>