final-ucl

Sejarah terjadi usai Real Madrid mengalahkan Manchester City 1-0 di semifinal Liga Champions, Rabu 4 Mei 2016. Sebab, hal ini menciptakan final sesama Spanyol ketiga, atau all Spanish-final di UEFA Champions League yang akan dihelat di San Siro, Milan, 28 Mei 2016 mendatang.

El Real akan menghadapi rival sekota, Atletico Madrid di partai pamungkas. Dan ini merupakan all-Spanish final ketiga sepanjang sejarah Liga Champions. Final sesama Spanyol pertama terjadi di musim 1999/2000. Kala itu Los Galacticos keluar sebagai juara usai menekuk tim asal Spanyol lainnya, Valencia dengan skor meyakinkan 3-0 di Stade de France, Saint-Denis. Fernando Morientes, Steve McManaman, dan Raul Gonzalez menunjukkan keperkasaan Los Blancos dengan masing-masing memberi andil satu gol.

All Spanish Final jilid II yang bertajuk El Derbi Madrileno atau Derby Madrid tersaji di final Liga Champions 2013/14. Saat itu Madrid sukses menyabet La Decima, atau gelar Liga Champions ke-10, usai menumbangkan Atletico Madrid 4-1 di Estadio da Luz, Lisbon, lewat babak tambahan waktu.

Dua musim berselang, Atletico Madrid berpeluang membalas kekalahan di final saat Derby Madrid kembali tersaji di final Liga Champions. Patut untuk disimak, apakah Madrid akan meraih Undecima alias gelar ke-11 dibawah arahan legenda Perancis, Zinedine Zidane, atau Atletico yang menyabet trofi Si Kuping Besar untuk pertama kali sepanjang sejarah.

Sebagai informasi, Spanyol menjadi satu-satunya negara yang mampu menampilkan final senegara lebih dari satu kali. Italia pernah melahirkan All Italian Final sekali saat AC Milan mengalahkan Juventus lewat adu penalti di final musim 2002/03. Sedangkan final sesama Inggris, terjadi pada 2007/08, saat Manchester United menaklukkan Chelsea juga lewat adu penalti. Jerman tidak mau kalah dan juga pernah menyajikan final senegara di musim 2012/13. Saat itu Bayern Munich menaklukkan rival abadi mereka, Borussia Dortmund 2-1 di Wembley, Inggris.

 

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>