Meski belum secara resmi menukangi Manchester United, Jose Mourinho terus digadang -gadang sebagai suksesor Louis Van Gaal yang baru saja meninggalkan kursi kepelatihan The Red Devils awal pekan ini.
Diduga kuat, Mourinho bakal pindah ke Manchester. Belum ada komentar seputar spekulasi itu dari mulut The Special One. Yang pasti, Tugas berat menanti Mourinho di Old Trafford. Setidaknya, Mou harus memberikan gelar di musim pertama seperti yang pernah dia lakukan bersama FC Porto, Chelsea, dan Inter Milan.

Banyak pihak meyakini, Mourinho merupakan jalan pintas bagi tim langganan juara itu mengembalikan kejayaan seperti di era Sir Alex Ferguson.

Sihir pelatih asal Portugal itu sangat dinanti pendukung MU sepeninggal Ferguson tahun 2013. Dalam rentang tiga tahun MU miskin gelar. Hanya satu Piala FA yang mengisi lemari trofi yang dipersembahkan Louis Van Gaal dipenghujung masa tugasnya bersama MU.

Melihat sejarah, tidak butuh waktu lama bagi tim merengkuh gelar di bawah kendali Mourinho. Rival MU, Chelsea pernah merasakan, bagaimana pelatih penuh kontroversi itu hanya membutuhkan satu musim untuk mengantarkan The Blues juara Liga Inggris dua musim beruntun pada 2005 dan 2006.

Setelah sebelumnya memberikan titel liga domestik untuk FC Porto dua kali berturut-turut pada 2002/03 dan 2003/04. FC Porto bahkan menjadi buah bibir di seantero Eropa menyusul keberhasilan mengawinkan gelar Liga Champions dan Piala Super Eropa pada 2003/04.

Selain Porto dan Chelsea, Inter Milan juga sempat merasakan sihir Mourinho. Hanya dua tahun di Inter, Mourinho memberikan 4 gelar!. Puncaknya, ketika La Beneamata memborong tiga gelar sekaligus di musim 2009/10. Bahkan di musim pertama, pelatih kelahiran Setubal itu sudah memberikan gelar Serie A musim 2008/09.

Hal serupa juga terjadi ketika Mourinho membesut Real Madrid. Pada musim pertama 2010/11, Mourinho langsung mengantarkan gelar Copa del Rey. Sayang, karier Mourinho tidak berjalan mulus bersama Madrid. Hanya tiga gelar yang dipersembahkan minus Liga Champions. Konflik internal dengan pemain dan petinggi tim membuat Mourinho hengkang dan kembali menangani Chelsea.

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>