Ada yang belum tau siapa Presiden pertama Indonesia? Masa sih nggak tau? Coba deh di buka-buka lagi buku sejarahnya. Yap Dr. Ir. Soekarno, semua orang di negeri ini tentunya sangat familiar ketika mendengar nama Soekarno. Putra dari Raden Soekemi Sosrodiharjo ini dijuluki juga sebagai Bapak Proklamator Indonesia. Langsung saja kita simak fakta-fakta menarik seorang Bung Karno.

  1. Koesno Sosrodihardjo

Mungkin kita asing mendengar nama tersebut. Namun setelah di telusuri lebih mendalam, Koesno Sosrodihardjo adalah nama lahir pemberian dari kedua orangtuanya.  Namun karena sering sakit, maka sang ayah mengganti namanya menjadi Soekarno ketika berumur lima tahun. Nama tersebut diambil dari seorang panglima perang dalam kisah Bharata Yudha yaitu Karna. Nama “Karna” menjadi “Karno” karena dalam bahasa Jawa huruf “a” berubah menjadi “o” sedangkan awalan “su” memiliki arti “baik”.

  1. Sedang Kurang Sehat Ketika Membaca Teks Proklamasi

Gejala penyakit malaria menerjang Soekarno tepat menjelang pembacaan teks proklamasi. Begadang semalaman menyusun naskah proklamasi bersama para sahabatnya yang diduga menyebabkan daya tahan Soekarno menurun sehingga mudah terserang penyakit.

  1. Stadion Utama Gelora Bung Karno

Namanya diabadikan menjadi salah satu stadion yang terbesar di Asia. Markas tim nasional Indonesia ini merupakan stadion terbesar ketiga di Asia. Di bawah Stadion Rungrado May Day Stadium milik Korea Utara dan Stadion Bukit Jalil kebanggan Malaysia.

  1. Cover Majalah Time

Presiden yang mempunyai hubungan baik dengan Rusia ini pernah dijadikan cover majalah Time sebanyak dua kali, pada Desember 1946 dan Maret 1985.

  1. Pandai Merangkai Kata Bijak

“Beri aku 1.000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya. Beri aku 10 pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia”. Kalimat tersebut bukanlah kalimat yang asing bagi masyarakat Indonesia. Tidak hanya itu saja, Soekarno juga mempunyai beberapa kata bijak lainnya, “Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya.” Dan “Gantungkan cita-cita mu setinggi langit! Bermimpilah setinggi langit. Jika engkau jatuh, engkau akan jatuh di antara bintang-bintang.”

Well, itu tadi adalah fakta-fakta menarik tentang orang pertama yang memimpin negara ini. Semoga ini menjadi penyegar ingatan kita kembali tentang sosok pria yang lahir pada 6 Juni 1901 ini. Seperti ungkapan Bung Karno “JAS MERAH” jangan sekali-kali merupakan sejarah.

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>