Larangan Pokemon Go di Indonesia yang diungkapkan oleh Yuddy Chrisnandi selaku Mentri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokasi (Menpan-RB), tentunya tidak membuat penggemar di tanah air  resah. Demam Pokemon Go  yang telah merasuki Indonesia sendiri mulai berlangsung sekitar awal Juli 2016. Kendati Pokemon Go sendiri belum resmi dirilis untuk Indonesia, namun tetap saja masyarakat Indonesia sudah banyak yang mengunduh gim asal Jepang tersebut. Pelarangan game Pokemon Go di Indonesia hanya berlaku pada objek-objek vital negara. Istana kepresidenan menjadi objek vital pertama yang melarang  masyarakat ataupun aparatur negara untuk berburu Pokemon. Kendati pelarangan bukan resmi berasal dari Presiden Joko widodo, namun tetap saja hal tersebut kita harus taati. Lingkungan Militer dan Kepolisian juga menjadi objek-objek dimana masyarakat serta  para aparatur negara tidak bisa memainkan gim yang dikembangkan oleh Niantic tersebut.

Kapolri Tito Karnavian juga menegaskan hal senada. Kapolri yang baru dilantik pada 13 Juli 2016 yang lalu ini menyampaikan bahwa semua anggota Polri dilarang bermain pokemon pada saat jam kerja. Pokemon sendiri diangkap memberi dampak negatif, karena menyebabkan konsentrasi berkurang karena terlalu sibuk menatap layar ponsel. Walikota Bandung Ridwan Kamil dan Walikota Surabaya Tri Rismaharini juga memberlakukan larangan bermain Pokemon pada jam kerja kepada seluruh PNS dalam jajaran pemkot masing-masing. Tidak ketinggalan Gubernur Jakarta Basuki Tjahaja Purnama yang akrab disapa Ahok mengingatkan kepada PNS untuk tidak berburu pokemon pada saat jam kerja. Namun disisi lain, Ahok mengajak para warga Jakarta untuk berburu Pokemon di Monas dan Balai Kota.

Bahkan ajakan Ahok juga ditulis di Instagram miliknya “Dibuka untuk umum, kantin ibu-ibu PKK DKI Jakarta. Bersih, sehat dan yang pasti lezat. Semua makananan TANPA MSG. The dan air putih gratis boleh refill. Harga sekitar Rp 15.000 hingga Rp 30.000. Lokasi berada di Balai Kota DKI Jakarta (dekat masjid Fatahillah Balai Kota). Buka setiap Senin-Jumat pukul 09.00-16.00 WIB. Bisa mampir sambil cari pokemon” ungkap pria kelahiran 29 Juni 1966 tersebut. Ahok juga menyampaikan kepada warga untuk berhati-hati memainkan permainan tersebut dan juga melarang warga untuk memainkannya pada saat berkendara.

Pokemon Go sendiri baru resmi dirilis di beberapa negara seperti Amerika Serikat, Australia, Selandia Baru, dan Jerman. Namun Niantic dikabarkan baru saja memasang server di beberapa negara Asia Tenggara, seperti Singapura dan Indonesia. Dengan adanya server di Asia Tenggara, besar kemungkinannya game tersebut bakal segera dirilis di wilayah ini. Pastinya ini menjadi kabar baik bagi para pemburu pocket monster di Indonesia. Permainan ini memungkinkan pemainnya untuk menangkap, menukar, melatih dan mempertarungkan setiap karakter Pokemon yang ada di dalam telepon di setiap tempat dalam dunia nyata.

Sejak pertama kali di luncurkan di Amerika Serikat (AS), Australia dan Selandia Baru, Pokemon Go telah meningkatkan saham Nintendo lebih dari 50 persen. “Ini mungkin game smartphone pertama yang telah melahirkan fenomena sosial dan yang penting adalah bahwa hal ini terjadi secara global. Nintendo telah membuktikan bahwa mereka masih bisa menciptakan fenomena yang memiliki daya tarik yang luas dan bisa mendapatkan uang” ujar seorang analisis di Ace Research Institute di Tokyo.

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>