Apakah kamu termasuk ke dalam orang yang gemar melakukan donor darah? Atau seumur hidup, kamu belum pernah melakukan aksi sosial ini? Langsung aja kita simak, 7 manfaat donor darah buat kesehatan.

  1. Meningkatkan Produksi Darah

Melakukan doonor darah secara teratur akan dapat membantu merangsang produksi sel-sel darah baru kamu loh. Proses mendonorkan darah ini, akan membantu tubuh tetap sehat dan membuat diri kamu semakin lebih segar tentunya.

  1. Mengurangi Risiko Kanker

Donor darah juga terbukti untuk mengurangi risiko kamu terserang berbagai macam Kanker. Kanker hati, paru-paru, usus besar, perut, dan Kanker tenggorokan adalah Kanker yang dapat di kurangi risiko terjadinya.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Tentunya kamu tidak ingin dengan terserang penyakit yang paling mematikan di Dunia ini kan? Regenerasi darah akan berlangsung lebih cepat dan oksidasi kolesterol menjadi lebih lambat, bila kamu mendonorkan darah secara rutin. Selain itu, aliran darah juga menjadi lebih lancar dan mampu mencegah penimbunan lemak dan hasil oksidasi kolesterol pada dinding pembuluh darah jantung. Hal ini dapat mengurangi risiko timbulnya penyakit yang dapat membunuh manusia dalam hitungan jam tersebut.

  1. Menurunkan Kolesterol

Bagi kamu yang gemar makan masak-masakan cepat saji, hati-hati dengan Kolestrol. Kolestrol sendiri di yakini sebagai salah satu faktor pemicu penyakit berbahaya, semisal penyakit Jantung ataupun Stroke.

  1. Menyelamatkan Nyawa

Kita mungkin tidak akan pernah mengetahui kapan darah yang kita donorkan, digunakan oleh PMI untuk membantu sesama. Namun pastinya, darah kita sangat akan dibutuhkan oleh pihak rumah sakit ketika ada korban kecelakaan atau pasien rumah sakit setelah operasi yang banyak kehilangan darah.

  1. Menurunkan Berat Badan

Ada mitos yang menyebabkan kamu akan mengalami kenaikan berat badan setelah mendonorkan darah. Namun hal itu adalah mitos semata, faktanya justru kebalikannya. Donor darah yang dilakukan secara teratur dapat mengurangi berat badan.

  1. Sehat Pada Usia Tua

Manfaat terkahir yang satu ini, pastinya kamu semua mau. Faktanya, banyak lansia yang masih prima dan sehat di usianya yang telah lanjut tersebut. Ini sebabkan karena mereka senantiasa menyumbangkan darahnya sejak muda.

Kalian jadi sudah tau kan, apa saja manfaat mendonorkan darah. Tidak hanya bermanfaat buat tubuh kita saja, tapi juga bermanfaat bagi orang lain. Karena setetes darah anda, akan menyelamatnya nyawa sesama.

 

 

 

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>