Tidak makan dan tidak juga minum, selama beberapa jam itulah definisi dari puasa. Puasa sendiri tidak harus beragama tertentu, kegiatan ini dapat di lakukan oleh semua orang. Bahkan ada beberapa binatang pun yang berpuasa. Bagi umat muslim, puasa setiap tahunnya datang dalam satu bulan. Banyak manfaat dari puasa, bahkan sampai menyembuhkan penyakit. Selanjutnya, berikut adalah manfaat puasa bagi kesehatan kita.

  1. Menurunkan Berat Badan

Jika kamu merasa ingin menurunkan berat badan, berpuasa bisa menjadi salah cara kamu untuk menghasilkan berat ideal. Jika kita makan umumnya 3x sehari, dalam puasa kamu hanya makan 2x sehari. 1x ketika sahur dan 1x ketika berbuka. Logika sederhana ini sudah bisa menjawab. Bagaimana puasa bisa menurunkan berat badanmu.

  1. Menyembuhkan Penyakit Maag

Selama berpuasa, badan tidak akan mendapatkan makanan dan minuman kurang lebih sekitar 14 jam lamanya. Bahkan sebuah penelitian di Paris mengemukakan, bahwa pada minggu pertama berpuasa di bulan Ramadhan terjadi kenaikan asam lambung. Namun ajaibnya pada minggu kedua bulan puasa, asam lambung kembali normal. Dengan puasa dan pengaturan makanan yang baik, sakit maag dapat di sembuhkan.

  1. Meningkatkan Detoksifikasi

Mungkin kita tidak menyadari banyak zak kimia aditif yang sehari-hari kita konsumsi. Sebagian besar dari zat racun ini tersimpan dalam lemak tubuh dan lemak ini akan dibakar selama kita berpuasa.

  1. Mengurangi Hipertensi

Puasa dapat membantu mengurangi Hipertensi jika penderita penyakit tersebut minum obat ketika sahur dan menjaga makan-makanannya, terutama makan-makanan asin. Selama berpuasa,

simpanan glukosa dan lemak digunakan untuk menghasilkan energi. Sehingga tingkat metabolik dalam tubuh berkurang, hormon seperti adrenalin dan noradrenalin pun otomatis ikut berkurang. Hal tersebut yang menyebabkan metabolisme dalam tubuh kita seimbang, yang berakibat pada stabilnya tekanan darah.

  1. Puasa Mematikan Sel Kanker dan Virus

Puasa dapat memblokir pertumbuhan parasit yang merugikan tubuh. Tentunya kamu tidak ingin tubuhmu di serang oleh dua jenis penyakit yang terkenal mematikan itu kan.

  1. Membantu Keluar Dari Kecanduan

Kecanduan rokok dan kecanduan minum-minuman beralkohol bisa di kurangi dengan berpuasa, bahkan tidak menutup kemungkinan kalian sembuh dari kecanduan tersebut. Karena ketika kita berpuasa, otomatis waktu kita untuk merokok dan mengkonsumsi minum-minuman beralkohol berkurang drastis.

  1. Menyehatkan Jantung

Mungkin sedikit orang yang mengetahui bahwa berpuasa dapat menyehatkan organ paling penting di kehidupan kita ini. Nyatanya, pada saat berpuasa, tubuh akan melakukan peningkatan HDL dan penurunan LDL. Sekedar informasi buat kamu yang belum tau apa itu HDL dan LDL, berikut penjelasan singkatnya. LDL  (Low Densisty Lipoprotein) adalah kolestrol jahat, sedangkan HDL  (High Densisty Lipoprotein) adalah kolestrol baik. Tentunya hal itu yang selalu diinginkan oleh Jantung kita.

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>