Yippi, sebentar lagi kita akan memperingati hari kemerdekaan Indonesia yang ke-71. Banyak Pulau di Indonesia, menjadikan Indonesia di juluki dengan negara Kepulauan. Beragam Pulau, Suku, Ras, Bahasa dan Agama tercampur dalam satu-kesatuan, Indonesia. Tapi kamu tau nggak sih, 5 kain tradisional yang membanggakan Indonesia?

  1. Batik

Ketika duduk di bangku sekolah, pasti ada satu hari dimana kamu harus mengenakan baju seragam batik kan? Ya, hampir setiap daerah di Pulau Jawa memiliki ciri khas batiknya sendiri. Bahkan, Presiden kita juga sering kali kita lihat mengenakan batik. Salah satunya kita saksikan beberapa waktu lalu, ketika Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Irina Joko Widodo berkunjung ke Googleplex di Silicon Valley, California, Amerika Serikat guna menghadiri pertemuan dengan Presiden dan CEO Google.

  1. Ulos

Kain khas Sumatera Utara ini, wajib hukumnya digunakan ketika acara adat berlangsung. Umumnya warna kain ulos terdiri dari warna putih, merah, hitam dan emas. Leluhur orang Batak percaya, bahwa Ulos adalah salah satu hal yang memberi kehangatan dan kehidupan bagi manusia.

  1. Tapis

Mungkin kamu belum tau atau jarang mendengar kain khas Lampung ini. Kain ini sangat bagus kita kamu potong dan kamu jadikan pakaian lho. Karena umumnya kain Tapis bermotif zigzaz, piramida dan tidak ketinggalan hewan dan tumbuhan.

  1. Gringsing

Masyarakat di Bali pada umumnya sudah mengenal kain yang satu ini. Tapi buat kamu yang masih awam, ini bukan kain bali yang motifnya hitam putih seperti catur loh ya. Kain yang berasal dari Desa Tenganan Kabupaten Karang Asem ini, berbeda dengan kain-kain tradisional lainnya. Proses pengerjaannya bahkan sampai 2-5 tahun. Lamanya pengerjaan dikarenakan teknik yang di gunakan dobel ikat, karena kain ini bisa bolak-balik digunakan.

  1. Lurik

Kain yang berasal dari daerah Yogyakarta dan Solo ini akrab dengan tokoh kartun “Doyok” yang ada di salah satu koran Ibukota sejak tahun 1976. Mungkin kamu sudah tidak mengenal siapa tokoh kartun tersebut. Tapi sebagai gambaran kain Lurik, kain ini bercorak dua garis dengan pola vertikal. Kain ini masih di gunakan sampai saat ini oleh warga Yogyakarta dan Solo ketika sedang menjalani acara-acara adat.

Well, itu tadi 5 kain daerah terbaik versi Genflix. Sebenernya hampir setiap wilayah di Indonesia mempunyai kain dengan ciri khas tersendiri. Ada kain Sasaringan dari Suku Banjar di Kalimantan Selatan, kain Besurek dari Bengkulu, serta kain tradisional khas Lombok Nusa Tenggara Barat dengan kain Sasak. Jika kamu berlibur dan berkunjung ke salah satu daerah tadi, nggak ada salahnya juga dong kalau kamu beli kain tenun sebagai oleh-oleh untuk orang terdekat di sekitar kamu.

 

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>