Sebentar lagi kita akan sama-sama merayakan hari kemerdekaan negara tercinta ini. Kamu sudah tau dong tanggal berapa kita merdeka? YES, 17 Agustus tahun 1945. Itu artinya kita merdeka sudah 71 tahun lamanya. Negara kita terkenal sebagai negara kepulauan, kurang lebih tercatat Indonesia memiliki 17.504 pulau. Pulau tersebut yang sudah mempunyai nama sebesar 7.870 dan sisanya 9.634 pulau belum mempunyai nama. Tapi, tahu kah kamu, pulau-pulau terluar yang ada di Indonesia?

  1. Pulau Liaran

Mungkin kamu baru sekali ini mendengar nama pulau yang berada di sebelah utara Timor Leste ini. Pulau ini termasuk dalam bagian wilayah provinsi Maluku.

  1. Pulau Berhala

Sebagai salah satu pulau terluar yang Indonesia miliki, pulau berhala di jaga oleh Tentara Nasional Indonesia. Pulau yang mempunyai luas 2,5 km² memliki topografi bergunung dengan hutan lebat serta pantai yang sangat indah.

  1. Pulau Kisar

Pulau yang terletak pada titik kordinat 8°6’10” LS, 127°8’36” BT mungkin menjadi satu-satunya pulau terluar di Indonesia yang memiliki landasan udara. Meski hanya dapat mendaratkan pesawat kecil, pulau yang berbatasan dengan negara Timor Leste ini juga dikabarkan warganya memiliki mata berwarna biru.

  1. Pulau Alor

Nama pulau yang satu ini mungkin kamu lebih sering mendengarnya daripada pulau lainnya. Tapi bagi kamu yang belum tahu ada dimana sih Pulau Alor itu? Tenang, jawabannya adalah di provinsi Nusa Tenggara Timur. Jika kamu sempat mengunjungi salah satu pulau cantik ini, tidak ada salahnya untuk membeli sedikit buah tangan berupa kain tenun, kue rambut dan madu yang umumnya banyak di jual untuk dijadikan oleh-oleh.

  1. Pulau Rondo

Pulau yang terluar yang berbatasan dengan perairan India ini masuk ke dalam Provinsi Nanggroe Aceh Darusalam. Pulau yang tidak berpenghuni ini meliliki luas 42 hektar dengan lebar 400 meter dan panjang 1,2 kilometer.

  1. Pulau Nusa Barung

Pulau kecil ini berada dalam wilayah Kabupaten Jember, Jawa Timur. Pulau yang konon di kabarkan angker ini telah menjadi cagar alam sejak tahun 1920.

  1. Pulau Dolangan

Masyarakat sekitar sering menyebut pulau yang satu ini dengan sebutan pulau Panjang. Untuk mencapai pulau yang satu ini, kamu dari Palu Ibu Kota Provinsi Sulawesi tengah menempuh jarak sejauh 430 km dengan jalur darat. Sedangkan untuk jalur udara, jadwal penerbangannya hanya ada pada hari selasa dan kamis.

 

 

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>