Tujuh belas Agustus tahun empat lima, itulah hari kemerdekaan kita. Hari merdeka nusa dan bangsa, hari lahirnya bangsa Indonesia. Merrdeekaaa……Sekali merdeka tetap merdeka, selama hayat masih di kandung badan. Kita tetap setia, tetap setia. Mempertahankan Indooonesia, kita tetap setia tetap setia, membela negara kita. Kamu pasti telah hafal dengan lagu ciptaan H. Mutarah ini. Kurang dari satu minggu lagi, kita akan merayakan hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-71. Tapi kamu tau nggak sih, siapa saja negara yang pernah menjajah NKRI tercinta ini? Langsung saja kita simak, 5 negara yang pernah menjejakkan kakinya di Bumi Pertiwi.

  1. Portugis

Mungkin kamu menebak-nebak negara mana sih Portugis itu? Jika jawaban kamu Portugal, berarti kamu benar. Portugis sendiri sebenarnya tidak menjajah seluruh Indonesia. Portugis hanya menjajah Maluku, yang terkenal dengan hasil rempah-rempahnya. Portugis sendiri berhasil menduduki Maluku selama 86 tahun.

  1. Spanyol

Negeri Matador ini juga pernah menjajah Indonesia selama 171 tahun. Awalnya kapal dagang mereka memasuki lepas Pantai Tidore, Maluku. Selanjutnya mereka mulai menjajah Maluku serta menyebarkan agama Khatolik.

  1. Inggris

Thomas Stamford Raflles adalah gubernur jendral yang di angkat oleh Inggris untuk berkuasa di Indonesia pada tahun 1811. Sistem kepemerintahan yang di pimpin banyak sekali melakukan perubahan di Pulau Jawa. Diantaranya dengan menghapus sistem monopoli, menghapus perbudakan dan banyak lagi perubahan yang dilakukan. Namun setelah ada Konvensi London yang isinya pemerintah Belanda berkuasa kembali atas wilayah jajahan Inggris di Indonesia, Inggris pun akhirnya angkat kaki dari Indonesia pada tahun 1816.

  1. Belanda

Bendera merah putih biru yang pernah di robek di atas Hotel Yamato Surabaya, mungkin menjadi bagian dari sejarah kepenjajahan Belanda yang kamu ingat. Tidak tanggung-tanggung, negeri yang terkenal dengan kincir anginnya ini menjajah Indonesia selama 3,5 abad. Tapi faktanya yang mengemuka saat ini, Belanda tidaklah menjajah Indonesia selama itu. Mereka hanya menjajah Indonesia selama 142 tahun.

  1. Jepang

Terakhir adalah Jepang yang menjajah Indonesia. Jepang sendiri hanya bertahan 3,5 tahun di tanah air. Setelah peristiwa pengeboman Hirosima dan Nagasaki pada 6 dan 9 Agustus 1945 oleh sekutu, Jepang mengumumkan kalah oleh sekutu.

 

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>