Liga Inggris 2016/2017 telah bergulir akhir pekan lalu. Banyak hasil-hasil mengejutkan pada pertandingan di Gameweek pertama. Ada 12 peraturan terbaru di liga yang paling menyorot pandangan dunia ini. Kalau kamu belum tau, yuk simak beberapa perubahan peraturan yang diterapkan pada musim ini:

  1. Kickoff

Seperti yang terlihat di pertandingan-pertandingan Euro 2016 lalu, tendangan bola pertama dari garis tengah tidak harus ditendang ke depan atau area lawan saat kick-off. Peraturan baru menyatakan bola bebas ditendang ke arah mana saja asalkan bola itu bergerak.

  1. Kartu Merah Sebelum dan Sesudah Pertandingan

Wasit dapat mengganjar kartu merah kepada pemain sebelum pertandingan bahkan dimulai dan ketika sudah berakhir. Contohnya jika terjadi pertikaian atau perlakuan kasar ketika sesi pemanasan, ketika bersiap memasuki lapangan ataupun setelah peluit panjang ditiup.

  1. Triple Punishment

Triple Punishment adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan hukuman ketika seorang pemain bertahan melakukan pelanggaran di kotak penalti yang menghilangkan kesempatan pemain lawan untuk mencetak gol, biasanya dalam keadaan 1-on-1 atau last man sebelum menghadapi kiper. Dahulu, pemain yang melakukan pelanggaran tersebut akan secara otomatis mendapat kartu merah, suspensi permainan dan penalti untuk tim lawan – inilah yang disebut 3 hukuman atau triple punishment. Sekarang, jika pemain bertahan melanggar pemain lawan di luar kotak penalti dalam posisi 1-on-1 tetapi pelanggaran tersebut dinilai wajar, maka ia hanya akan menerima kartu kuning. Peraturan ini tidak berlaku jika pelanggarannya berupa handball atau dengan sengaja menarik baju lawan.

  1. Perawatan Cedera

Pemain yang mengalami cedera akibat pelanggaran pemain lawan yang kemudian diganjar kartu kuning atau merah berhak mendapatkan perawatan cepat di dalam lapangan. Dahulu, pemain yang cedera harus dibawa ke pinggir lapangan untuk mendapatkan perawatan dimana permainan akan tetap dilanjutkan sehingga merugikan timnya dari segi jumlah.

  1. Pergantian Peralatan

Pemain yang meninggalkan lapangan saat permainan untuk mengganti sepatunya dapat diizinkan untuk kembali masuk oleh asisten wasit atau fourth official. Sebelumnya ia hanya dapat kembali jika diizinkan oleh wasit.

  1. Penalti

Penendang penalti yang berpura-pura berhenti ketika sudah selesai lari untuk menendang bola dari titik putih akan diganjar kartu kuning dan tim lawan akan diberikan tendangan bebas. Di sisi lain, kiper yang bergerak sebelum bola ditendang juga akan diberikan kartu kuning dan penalti akan diulang jika tidak terjadi gol.

 

Masih ada 6 peraturan baru lagi loh. Penasaran? Simak part 2 nya di blog Genflix ini ya!

 

 

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>