Di artikel sebelumnya sudah dibahas 6 perubahan peraturan pertandingan Liga Inggris yang mulai efektif musim ini. Berikut ini adalah 6 peraturan sisanya:

  1. Interupsi oleh Pemain Cadangan atau Staff

Jika permainan dihentikan karena adanya intervensi dari pemain cadangan atau staff klub (contohnya jika pemain cadangan/staff melempar bola ekstra ke lapangan ketika pertandingan sedang berlangsung, wasit berhak untuk memberikan tendangan bebas atau bahkan penalti untuk tim oposisi.

  1. Warna Pakaian Dalam

Peraturan baru menyebutkan bahwa warna pakaian dalam (celana ketat atau baju ketat di bawah seragam) harus satu warna dengan seragam luar yang dikenakan. Artinya, jika seragam yang digunakan warna merah, berarti pakaian dalamnya juga harus warna merah yang sama.

  1. Offside

Pemain belum dinilai offside jika tidak ada bagian tubuhnya (terkecuali lengan atau tangan) yang melewati batas lapangan tim lawan. Garis tengah dianggap area netral. Tendangan bebas akan selalu diambil dari titik offside.

  1. Handball

Kartu kuning hanya berlaku jika handball yang dilakukan berujung pada terhentinya atau terhalangnya kesempatan menyerang yang menjanjikan oleh pihak oposisi. Dahulu, kartu kuning akan diberikan jika tindakan handball mengakibatkan pemain lawan tidak dapat merebut bola.

  1. Restart

Ketika bola hendak digerakan kembali dari titik stop (ketika tendangan pojok atau tendangan bebas), bola diwajibkan bergerak jelas menjauhi titik stop. Dengan begini, pemain tidak bisa lagi berpura-pura menendang kecil langsung menggiring bola untuk mengecok lawan.

  1. Sikap dan Kelakuan Pemain

Wasit diminta untuk lebih tegas terhadap pemain-pemain yang berlaku agresif dan tidak dapat ditoleransi terhadap wasit, asisten wasit dan official. Tindakan seperti menghampiri wasit atau penjaga garis untuk mendebatkan keputusan, argumen tatap muka dengan official dan aksi-aksi lain yang menunjukan sikap tidak hormat akan diganjar kartu kuning. Kartu merah akan diberikan kepada pemain yang mengkonfrontasi official dan menggunakan kata-kata atau gesture (gerakan tubuh) kasar.

Nah, demikian sebagian perubahan peraturan yang sekarang berlaku di Liga Inggris. Harapan dari perubahan ini adalah agar olahraga sepak bola dapat lebih berkembang, menyenangkan, adil dan tetap menunjang sikap saling hormat baik antara para pemain, pelatih, staff, wasit, official dan suporter. Bagaimana menurutmu?

 

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>