Woow! Apa jadinya jika hal ini terjadi di Indonesia. Namun memang ada beberapa negara di dunia yang melegalkan pemakaian obat-obatan terlarang tersebut. Indonesia sendiri sudah menyatakan darurat narkoba dan akan terus memerangi narkoba. Bahkan sang Presiden ketika pidato dalam memperingati Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) pada beberapa bulan yang lalu, mengatakan “Kejar mereka, hajar mereka, hantam mereka. Kalau UU membolehkan, dor mereka.” kata Presiden Indonesia yang ke-7 ini. Namun, negara mana saja yang melegalkan narkoba? Yuk, kita simak negara yang membolehkan warganya untuk mengkonsumsi narkoba.

  1. Potugal

Siapa sangka negeri yang menjadi pemenang Euro 2016, menjadi salah satu negera yang memperbolehkan warga negaranya mengkonsumsi narkoba. Bagi pemerintah Portugal, pemakaian narkoba bukanlah suatu perilaku yang di kategorikan sebagai tindakan kriminal, melainkan hanya masalah kesehatan masyarakat.

  1. Meksiko

Negara yang juga menjadi produsen narkoba yang paling besar di muka Bumi ini melegalkan masyarakatnya untuk memakai narkoba. Perlu kamu ketahui, Meksiko merupakan negara yang memiliki kebijakan hukum yang sangat bebas di Dunia.

  1. Belanda

Negara yang berbatasan dengan Belgia dan Jerman juga menjadi salah satu yang melegalkan barang haram tersebut di konsumsi oleh warganya. Meski ada hukum yang mengatur pembelian dan penjualan narkoba, tapi tetap saja warganya dapat menikmati narkoba dengan santai di Ibukota Belanda, Amsterdam.

  1. Republik Ceko

Ceko pada awalnya menjadi negara yang sebenarnya menjadikan narkoba ilegal untuk “diperdagangkan” pada tahun 1998. Kemudian pada tahun 2009 peraturan kembali di ubah dan masyarkat diijinkan mempunyai narkoba tetapi dengan jumlah yang kecil. Seperti 40 jamur psilocybin, 1,5 gr heroin dan 5 tab LSD.

  1. Uruguay

Mungkin hanya Uruguay yang menjadi satu-satunya negara yang menjual narkoba kepada rakyatnya. Pada Juni 2012, Presiden Uruguay José Mujica, mengumumkan rencana untuk melegalkan penjualan ganja yang dikendalikan negara untuk melawan kejahatan narkoba dan masalah kesehatan.

  1. Italia

Negara ini melarang narkoba untuk dijual dan diedarkan kepada banyak orang terutama kaum remaja. Namun penggunaan narkoba untuk kebutuhan pribadi dalam jumlah yang sedikit, tidak menjadi masalah di negara ini.

  1. Amerika Serikat

Mendengar nama Amerika Serikat menjadi negara yang melegalkan, mungkin kamu sedikit kaget. Namun faktanya negeri Paman Sam ini melegalkan narkoba dengan pengawasan dari pihak terkait.

So, itu tadi negara-negara yang melegalkan warganya untuk mengkonsumsi narkoba, walau ada juga sih negara yang membolehkan pemakaiannya dengan catatan. Pada dasarnya narkoba bukanlah sesuatu yang baik untuk di konsumsi oleh tubuh kita. Gangguan sistem saraf, gangguan pada jantung dan pembuluh darah, gangguan pada kulit dan paru-paru hingga yang paling fatal sampai over dosis yang mengakibatkan kematian.

Tentu saja bagi kita generasi muda yang akan melanjutkan kemana arah bangsa ini, tidak boleh lemah dan tergoda oleh barang yang banyak membuat dampak negatif pada kehidupan sehari-hari tersebut. Sudah sepantasnya kita menghargai para pahlawan-pahlawan yang telah mengorbankan seluruh jiwa dan raganya untuk kemerdekaan Indonesia. MERDEKA !!!

 

 

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>