Hampir satu dekade lamanya sepak bola Italia yang di era 90-an menjadi kiblat sepak bola Dunia seakan hilang dan nihil prestasi. Setelah skandal farsopoli praktis hanya Internazionale Milan yang menjadi klub terakhir dari negeri pizza yang menjadi raja antar klub eropa setelah memenangi gelar Liga Champions 2009-10. Setelah musim tersebut usai, raja-raja dari sepakbola Italia hanya mampu menyentuh babak semifinal, itupun di Liga Europa yang pada akhirnya Juventus harus puas disingkirkan oleh Benfica.

Musim 2014-15 menjadi titik awal kebangkitan kembali sepakbola Italia saat Juventus berhasil menembus babak final Liga Champions Eropa dengan berhadapan melawan Barcelona. Mungkin krisis finansial, termasuk finansial fair play, dan melambatnya regenerasi pemain hingga infrastruktur yang menjadi jawaban atas mulai tertinggalnya tim-tim di Liga Italia.

Juventus sendiri menjadi tim pertama di seantro Italia yang membangun stadion, bahkan kompleks stadion sendiri dengan biaya pembangunan stadion yang saat itu memakan biaya €120Juta hingga menjadi sebuah homebase modern di Italia. Setelah kolapsnya klub 10 tahun lalu, kini I Bianconeri mencoba kembali membangun brand image nya dengan mendatangkan banyak pemain kelas dunia.

Juara Italia lima musim beruntun ini berhasil merekrut top skor Serie A musim 2015-16, Gonzalo Higuain dengan biaya fantastis yang sempat dikecam oleh para fans Juve di seluruh dunia dengan biaya €90 Juta. Juve sendiri kini mengusung target tinggi dengan mengincar kembali gelar Liga Champions Eropa yang sudah tidak diraih selama 20 musim lamanya.

Dengan pemain baru seperti Miralem Pjanic, Medhi Benatia, Marko Pjaca, Dani Alves, hingga Gonzalo Higuain, apakah Juventus mampu mengembalikan wajah Italia di pentas Eropa? Belum lagi dengan pemuda seperti Paulo Dybala, Daniel Rugani sampai para senior dalam diri Buffon, Chiellini, dan Marchisio yang siap merengkuh kembali gelar Eropa.

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>