Kesuksesan sebuah tim sepak bola tidak terlepas oleh peranan penting seorang pelatih. Apapun yang terjadi di lapangan hijau pastinya sudah menjadi taktik dari sang pelatih. Maka tidak heran, pelatih juga sering di sebut sebagai “nahkoda” tim. Ada banyak pelatih di muka Bumi ini, namun tidak banyak yang mempunyai keistimewaan layaknya seorang legenda.

  1. Bob Paisley

Total ada 21 gelar yang berhasil menambah deretan piala yang ada di Anfield. Penerus tongkat kepelatihan dari Bill Shankly ini butuh waktu kurang lebih selama 7 tahun untuk mendatangkan satu per satu piala tersebut. Bahkan pria yang wafat pada usia 77 tahun ini, menjadi pelatih yang paling sukses di Liga Champions. Dengan mempersembahkan 3 gelar juara Liga Champions pada tahun 1977, 1978 dan 1981 dalam klub yang sama.

  1. Sir Alex Ferguson

Tidak lain adalah seorang pelatih legendaris Manchester United. Pria ini menjadi pelatih yang paling banyak mengoleksi gelar juara Liga Inggris bersama Setan Merah. 13 gelar juara Liga Inggris, 2 piala Liga Champions, 5 piala FA, 10 Community Shield, 4 piala Liga dan masing-masing 1 gelar UEFA Cup Winners, UEFA Super Cup, Interconintinental Cup dan FIFA Club World Cup.

  1. Brian Colough

Mungkin sangat sedikit orang yang mengenal sosok pelatih hebat ini. Brian Colough adalah seorang pelatih jenius yang mampu mengangkat 2 tim (Derby County dan Nottingham Forrest) dari divisi 2 Liga Inggris. Setelah berhasil promosi ke divisi 1 Liga Inggris, Colough juga berhasil memberikan gelar juara Liga Inggris kepada 2 klub berbeda tersebut. Satu hal yang membanggakan dari prestasi sang pelatih, ketika menukangi Nottingham Forrest ia juga mampu mengantarkan Nottingham Forrest 2 kali berturut-turut menjadi juara Liga Champions.

  1. Vittorio Pozzo

Warga Italia pasti sangat mengenal sosok pelatih legenda mereka yang lahir di Turin ini. Pozzo yang asli berkewarganeraan Italia ini, sukses mengantarkan negeri yang terkenal dengan pizza itu menjadi juara Dunia sepak bola dua kali. Hebatnya lagi, 2 gelar juara Dunia itu dilakukan berturut-turut. Yakni pada tahun 1934 dan tahun 1938 (sekedar mengingatkan, piala Dunia memang di gelar 4 tahun sekali). Satu lagi prestasi yang membanggakan, Pozzo berhasil memberikan Italia medali Emas Olimpiade 1936.

  1. Miguel Munoz

Pelatih yang satu ini, menjadi pelatih Real Madrid yang paling sukses. Menukangi El Real selama 14 tahun, Munoz berhasil menjadikan Real Madrid menjadi penguasa Liga Spanyol pada tahun 1960-an. Madrid mengoleksi 9 gelar Liga Spanyol, 3 trofi Copa Del Rey, 2 piala Liga Champions dan 1 piala Interkontinental. Bahkan ketika menjadi pemain, Munoz juga menyumbangkan piala Liga Champions ke Santiago Bernabeu sebanyak 3 kali.

Itu dia 5 pelatih terbaik sepanjang masa. Kini Liga Inggris menjadi Liga yang paling banyak di gemari oleh masyarakat di seluruh Dunia. Genflix selaku pelopor layanan premium Live Streaming dan Video on Demand kini menghadirkan Paket Orange Go. Dengan Rp 100,000 perbulan selama 12 bulan, Anda bahkan mendapatkan gratis Decoder OTV dan Google Chromecast. Tentunya Anda akan mendapatkan akses Bein 1,2,3 serta mendapatkan semua konten VOD di Genflix.

 

 

 

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>