Indonesia kembali menggelar pertandingan persahabatan untuk kali pertama setelah 1 tahun terkena sanksi FIFA. Pertandingan yang digelar di Stadion Manahan Solo semalam, berakhir dengan kemenangan Indonesia atas negara tetangga Malaysia. Boaz Salossa mencetak sepasang gol sedangkan Irvan Bachdim mencetak 1 gol. Tampil menyerang sejak peluit awal dibunyikan menjadi kunci utama anak asuh Alfred Riedl meraih kemenangan.

Pertandingan baru memasuki menit keenam, ketika kapten timnas mencetak gol pertamanya. Berselang 5 menit kemudian, pemain berdarah Belanda Irvan Bachdim menggandakan kedudukan menjadi 2-0. Serangan demi serangan terus dilancarkan oleh Timnas Indonesia, hasilnya gawang Malaysia yang dikawal oleh Khairul Fahmi harus kembali jebol untuk ketiga kalinya lewat sepakan jarak dekat Boas Salossa.

Hingga babak pertama usai, skor 3-0 keunggulan Indonesia atas Harimau Malaya belum berubah. Memasuki awal babak kedua, Indonesia melakukan pergantian 2 pemain sekaligus. Lerby Eliandry dan Irsyad Maulana masuk menggantikan Boaz Sallosa dan Zulham Zamrun. Kedua kesebelasan kembali bermain terbuka, dan hasilnya penyerang Malaysia Amri Yahyah mendapatkan peluang untuk mencetak gol namun tembakannya masih melebar dari gawang Indonesia.

Kubu tuan rumah pun tidak mau ketinggalan membalas serangan Malaysia, pada menit ke-56 Indonesia mendapat tendangan bebas. Namun sayang, tendangan yang di eksekusi oleh Irvan Bahcdim masih dapat diamankan oleh penjaga gawang Malaysia. Sampai akhir peluit panjang dibunyikan keunggulan 3 gol Indonesia atas Malaysia tidak berubah.

Alfred Riedl angkat bicara mengenai penampilan anak asuhnya, kala berhasil mengalahkan Malaysia 3-0. “Kami hanya efektif latihan 70 menit, pada Minggu (4/9) melakoni persiapan 30 menit. Lalu kami uji lapangan dengan waktu 40 menit. Tetapi, pemain mampu menjalankan instruksi dengan baik. Untuk selanjutnya, saya dengan tim pelatih sudah memiliki program. Namun soal uji coba, PSSI sedang berusaha mencarikan lawan.” ungkap pelatih berusia 66 tahun ini.

Memang kemenangan Indonesia atas Malaysia di laga uji coba ini bukan berarti membuat Timnas Indonesia puas. Mengingat piala AFF sudah dekat. Pelatih berpaspor Austria ini juga menghimbau kepada seluruh pemainnya untuk tidak merayakan kemenangan ini secara berlebihan. Apapun yang terjadi, tentunya kita berdoa dan terus berharap untuk kemajuan dan kesuksesan Timnas Indonesia.

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>