Film Indonesia yang merupakan film buatan karya anak bangsa, ternyata biaya pembuatannya tidak murah lho. Bahkan ada beberapa film yang sampai puluhan Milyar biayanya. Jika mungkin selama ini kamu hanya beranggapan bahwa film-film Indonesia dibuat dengan biaya yang murah, mari kita simak beberapa film Indonesia dengan biaya yang fantastis.

  1. Trilogi Merdeka

Film ini di latar belakangi oleh rasa nasionalisme yang ditunjukkan oleh sang Sutradara, Yadi Sugandi. Dengan mengusung semboyan “untuk merdeka mereka bersatu” film ini dibintangi oleh Darius Sinathrya, Lukman Sardi, Donny Alamsyah dan Rahayu Saraswati, film ini menelan biaya sampai angka 64 Milyar Rupiah.

  1. Gunung Emas Almayer

Dapat dikatakan film ini menjadi film Indonesia terbaik. Alasannya sangat sederhana, film yang memakan waktu 45 hari dalam pembuatannya ini juga ditayangkan di luar negeri. Tercatat ada 10 negara ASEAN dan Benua Amerika yang telah memutar film yang kejadiannya seolah-olah adalah hutan Malaka tahun 1830. Film ini menghabiskan total biaya 60 Milyar Rupiah.

  1. The Raid 2: Berandal

Film yang dibintangi oleh Iko Uwais ini mengeluarkan biaya hingga 54 Milyar Rupiah dan jauh lebih tinggi dibandingkan biaya film sebelumnya. Film ini juga ditayangkan di Amerika Serikat pada tanggal 28 Maret 2014 lalu. Pada minggu pertama film ini tayang di AS, film ini berhasil mendapatkan penghasilan sebesar $ 165,292. Film ini juga mendapatkan Best Movie Of The Year di Indonesian Choice Awards tahun 2014.

  1. Ketika Cinta Bertasbih 2

Kholidi Asadil Alam, Oki Setiana Dewi, Meyda Sefira, Alice Norin, Dude Herlino, Asmirandah hingga aktor kawakan Deddy Mizwar menjadi bintang dalam film yang menggunakan bahasa Indonesia dan Arab ini. Film ini juga menelan biaya produksi yang tidak sedikit. Dikabarkan film ini menghabiskan biaya hingga 40 Milyar Rupiah.

  1. Apa Artinya Cinta

Yang terakhir film romantis, yang berjudul Apa Artinya Cinta. Dengan Samuel Rizal dan Shandy Aulia sebagai pemeran utama, film ini berlokasi syuting di San Fransisco – AS. Maka tidak heran jika pembuatan film ini menelan 30 Milyar Rupiah dalam proses produksinya.

Wow, tidak kecil juga ya ternyata pembuatan film-film karya anak bangsa. Hal lainnya yang menyebabkan membengkaknya anggaran biaya adalah lokasi syuting yang berada di luar Indonesia. Namun semuanya akan terbayar puas ketika para penggemar film Indonesia menyaksikan hasilnya.

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>