Kamu tinggal di Bogor, Tangerang, Bekasi atau Depok? Jika kamu bekerja, kuliah atau sekolah di daerah Jakarta, tentu saja kereta menjadi transportasi paling efektif untuk keseharian aktifitas mu. Meskipun terkadang KRL masih terkendala gangguan sinyal, namun alat transportasi yang satu ini anti macet lho. Umumnya negara-negara maju mempunyai kereta cepat. Siapa saja kereta tersebut? Dan ada nggak sih kereta cepat di Indonesia? Yuk, langsung kita simak.

  1. JR-Maglev MLX01

Saat ini kereta tercepat berada di Jepang. Tidak heran jika Jepang mempunyai kereta super cepat. Karena kemajuan teknologi yang dimilikinya, negeri Matahari Terbit ini menghasilkan kereta yang mampu melesat pada kecepatan maksimal 581 kilometer per jam. Wow! Bisa kamu bayangkan bagaimana rasanya jika kamu berkesempatan naik kereta tercepat di Dunia tersebut.

  1. Train a Grande Vitesse

Kereta tercepat di Dunia berada di Eropa, tepatnya di Prancis. Kereta yang telah beroperasi sejak 1981 ini, memiliki sistem pengereman terbaik. Dengan menggunakan rem elektrik pada bogie yang mempunyai motor traksi dan rem cakram pada bogie kereta, membuat nyaman para penumpangnya.

  1. Inter City Express

Dapat melesat sampai 550 kilometer per jam, kereta ini dimiliki oleh Jerman. Namun kenyataannya kereta ini hanya melaju dengan kecepatan 220 kilometer per jam. Kereta ini melayani dari Hannover ke Stuttgart, melewati Hannover dan Wurzburg.

  1. CHR 380A Maglev Shanghai

Tiongkok tidak mau ketinggalan menyoal kereta tercepat. Negara yang terkenal dengan Tembok Raksasanya ini mempunyai kereta yang mampu mencapai kecepatan maksimalnya di angka 430 kilometer per jam.

  1. Harmony CRH 380A

Kerta yang menenyerupai peluru ini, mendapat julukan tersebut karena ketika berjalan melesat cepat bagaikan sebuah peluru. Kereta yang mempunyai kecepatan maksimal mencapai 416 kilometer per jam ini, melayani warga Tiongkok tujuan Shanghai – Nanjing. Sekali beroperasi, kereta ini mampu membawa 494 orang penumpang.

Demikianlah 5 kereta tercepat di Dunia. Meskipun di Indonesia belum ada kereta cepat, namun pemerintah dikabarkan sedang membangun kereta cepat dari Jakarta menuju Bandung. Nantinya kereta tersebut akan memangkas jarak Jakarta Bandung. Jakarta Bandung nantinya hanya akan membutuhkan waktu 35 menit, ketika kereta ini nanti resmi beroperasi. Informasi yang diperoleh, kereta ini nantinya dapat melesat 250 kilometer per jam. Wah, kalau Indonesia punya kereta cepat wajib coba nih..

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>