Tahukah kamu, PSSI (Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia) sudah terbentuk sebelum Indonesia merderka? 19 April 1930 yang silam adalah tanggal terbentuknya induk sepak bola Indonesia. Pada awalnya nama organisasi ini adalah Persatuan Sepak Raga Seluruh Indonesia. Persatuan Sepak Raga Indonesia baru berganti menjadi Persatuan Sepak Bola Indonesia pada kongres tahun 1950 di Solo. PSSI didirikan oleh Ir. Soeratin Sosrosoegondo yang sekaligus menjadikan dirinya sebagai ketua umum PSSI pertama. Soeratin menjabat sebagai ketua umum PSSI selama kurang lebih 10 tahun, sebelum diteruskan oleh Artono Martosoewignyo. Karena jasanya, namanya kini diabadikan menjadi nama trofi yang diperebutkan dalam kejuaraan sepak bola Indonesia tingkat junior.

PSSI sendiri terbentuk setelah 2 tahun berlalu Sumpah Pemuda. Lalu apa hubungan Sumpah Pemuda dengan PSSI? Soeratin menganggap Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 perlu ada implementasi nyata kepada para pemuda Indonesia. Karena sepak bola dianggap mempunyai nilai lebih dalam membangun rasa saling percaya dan mempersatukan bangsa, maka Soeratin berinisiatif untuk membentuk organisasi sepak bola untuk menentang tindakan Belanda.

Setidaknya ada 4 kota yang pernah didatangi oleh Soeratin guna berdiskusi dengan para tokoh sepak bola. Solo, Yogyakarta, Bandung dan Jakarta. Tokoh-tokoh pergerakan nasional seperti Amir Notopratomo, Hamid, Soediro dan Daslam Hadiwasito pernah dimintai pendapatnya sebelum terbentuknya PSSI. Setelah terbentuk 22 tahun PSSI bergabung dengan FIFA (Federation of International Football Association) dan 2 tahun kemudian PSSI bergabung dengan AFC (Asian Football Confederation).

Pasca sepeninggalan Soeratin, sepak bola di Bumi Pertiwi ini mengalami pasang surut. Baik dari segi organisasinya sampai kepada kompetisinya sendiri. Alhasil, pada tahun 2015 silam FIFA menjatuhkan hukuman kepada PSSI. Akibatnya Indonesia tidak dapat berpartisipasi di seluruh ajang sepak bola Internasional. Cukup miris memang melihat keadaan PSSI saat ini. Meskipun hukuman tersebut sudah dicabut oleh FIFA, namun performa tim nasional Indonesia belum menunjukkan adanya perubahan yang menonjol.

Agaknya kita memang harus meniru dan mempelajari bagaimana induk sepak bola di suatu negara mengkordinir jalannya sebuah kompetisi. Karena liga yang kompetitif akan menarik perhatian investor untuk datang. Sebut saja liga Inggris, dimana pemain-pemain yang terlibat dalam kompetisi tersebut merupakan para bintang lapangan hijau. Maka tidaklah heran, banyak investor yang memberikan uangnya untuk liga yang berlogo Singa itu. Jika Anda penggemar liga Inggris namun terkendala karena tidak bisa nonton di rumah, maka paket Orange Go adalah jawabannya. Dengan berlangganan paket Orange Go Rp 100.000 per bulan selama 12 bulan, Anda akan mendapatkan sajian terlengkap liga Inggris. Bein Sport 1,2 dan 3 lengkap menemani Anda. Tidak lupa chromecast, alat ini diberikan GRATIS untuk Anda, jadi tidak perlu khawatir untuk ketinggalan pertandingan liga Inggris kala tidak berada di rumah.

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>