Yogyakarta dan Aceh adalah 2 Provinsi yang mempunyai gelar “Daerah Istimewa”. Kalian tentunya sudah tahu hal tersebut sejak masih duduk di bangku sekolah. Namun mengapa hanya 2 Provinsi ini saja yang menyandang status tersebut? Padalah Indonesia terdiri dari 35 Provinsi. Yuk, mari kita simak bersama.

Kita mulai dengan Daerah Istimewa Yogyakarta terlebih dahulu. Yogyakarta memiliki Sultan yang sekaligus menjadi Raja dan Gubernur sebagai pemegang kekuasaan tertinggi. Jabatan tersebut akan langsung diperoleh tanpa harus melalui pemilihan kepala daerah, melainkan langsung ditetapkan. Provinsi yang pernah menjadi Ibukota Republik Indonesia selama 3 tahun ini juga mempunyai sejarah yang panjang. Awalnya DIY adalah sebuah Kesultanan dengan nama Kasultanan Ngayogyokarto Hadiningrat yang mempunyai Raja pertama Sultan Hamengkubuwono I pada tahun 1775 yang selanjutnya berdiri Kadipaten Pakualaman oleh Pangerang Notokusumo pada tahun 1813 yang berdampongan dengan Kesultanan Yogyakarta. Yogyakarta sendiri menyatakan bergabung kepada NKRI tepat 2 hari setelah Presiden Soekarno memproklamirkan kemerdekaan Indonesia.

Sedangkan Provinsi paling barat Indonesia, yakni Nangroe Aceh Darussalam mempunyai latar belakang tersendiri. Provinsi seluas 58.375,63 km² menjadi Provinsi satu-satunya di Indonesia yang menerapkan hukum syariah Islam. Bahkan Provinsi ini juga dijuluki Serambi Mekkah karena hal tersebut. Sebelumnya Provinsi ini pernah di terjang konflik berkepanjangan. GAM (Gerakan Aceh Merdeka) yang menjadi motor pergerakan ingin memisahkan Aceh dari Indonesia. Aceh yang terkenal dengan kekayaan Sumber Daya Alamnya, pernah terpuruk ketika musibah Gempa Bumi dan Tsunami menerjang pada tahun 2004 silam. Namun semua itu hanyalah bagian sejarah dari keistimewaan Aceh. Kini kehidupan masyarakat Aceh sudah kembali normal.

Itulah sejarah tentang 2 Provinsi yang menyandang gelar “Daerah Istimewa”. Kita sebagai warga negara Indonesia tentunya harus berbangga tentang berbagai macam kebhinekaan yang tercipta di Bumi Pertiwi. Semoga informasi ini menambah pengetahuan kamu ya Flixer. Dan jangan lupa jelajahi Indonesia jika kamu punya waktu libur. Selamat berakhir pekan.

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>