Beberapa waktu yang lalu, beberapa daerah di Jakarta kembali tergenang banjir. Meski tidak semua wilayah Jakarta kebanjiran, namun uniknya justru kawasan elit yang kali ini kena imbasnya. Daerah Kemang adalah salah satunya. Banjir pada daerah ini disebabkan oleh jebolnya salah satu rumah warga yang berbatasan langsung dengan Kali Krukut. Musim hujan sebentar lagi akan segera menghampiri, lantas apakah Ibu Kota Indonesia ini akan kembali kebanjiran? Bahkan ada prediksi bahwa Jakarta akan tenggelam pada tahun 2030.

Semua mata pasti tertuju kepada orang nomor satu di Jakarta. Siapa lagi kalau bukan Basuki Tjahaja Purnama, tapi gubernur yang akrab di sapa Ahok ini punya jawaban tersendiri. “Jadi yang jebol bukannya brojongan dari kali Krukut, tapi dari rumah orang yang dindingnya jebol. Banyak warga yang membangun bangunan di badan Kali Krukut. Mereka memiliko sertifikat hak milik untuk membangun bangunan di sana.” kata Ahok.

Ahok sendiri mengaku heran bagaimana mereka warga dapat mendapatkan sertifikat sedangkan rumahnya berada di tepi Kali. Lantas bagaimana solusinya? Dinas Tata Air DKI Jakarta akan memasang brojong di sepanjang rumah warga. Brojong sendiri adalah kotak dari anyaman kawat yang di isi penuh oleh batu-batu. Gunanya tidak lain untuk menahan erosi.

Namun pemerintah DKI Jakarta seharusnya tidak berdiri sendiri untuk menangani masalah klasik ini. Sebagai warga masyarakat, tentunya kita juga harus merasa bertanggung jawab atas apa yang terjadi. Buang sampah sembarangan adalah hal sepele yang akibatnya menjadi luar biasa, kala musim hujan datang. Sudah sepatutnya kita menjaga lingkungan sekitar. Sebelum terjadi lagi, maka semua pihak harus saling membantu dalam permasalahan ini.

Ketika banjir terjadi, tidak banyak aktivitas yang dapat Anda lakukan. Akses kemana-mana pun serba sulit. Tetapi Anda tetap bisa nonton film-film terbaik dari Genflix. Cukup dengan mengunduh Genflix di perangkat pintar Anda. Anda dapat menikmati sajian film-film Hollywood, Anime Jepang, hingga film-film hasil karya anak negeri.

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>