Faktnya musik dapat menenangkan serta memperkuat daya ingat seseorang. Namun 2 fakta tadi adalah sedikit dari fakta tentang musik yang dapat membuat harimu jauh lebih damai. Musik disebut juga sebagai bahasa universal, dimana kalimat-kalimat pidato tidak lagi mampu menyampaikan pesan. Musik justru dapat menyampaikan pesan dengan warna yang berbeda. Bahkan menurut Psikolog asal London, Dr Victoria, mendengarkan musik dapat mempengaruhi reaksi yang sangat luas dalam tubuh dan juga pikiran.

Mendengarkan musik adalah salah satu cara untuk meredakan stres. Satu dari empat orang mengatakan, dengan mendengarkan musik ketika dalam perjalanan ke tempat kerja akan membantu orang tersebut menghilangkan rasa stres. Musik juga dapat menjadi sarana pengobatan yang efektif dan positif bagi orang-orang yang mengalami gangguan kejiwaan. Selain itu, musik dapat bertindak selaku stimulus untuk membangkitkan kenangan lama yang telah jauh terkubur.

Baru-baru ini ada aplikasi yang dapat diunduh ke smartphone yang diklaim mampi membuat para penggunanya lebih fokus dan berenergi. Ada 2 ketukan yang berbeda pada tiap telinga, yang bertujuan untuk menciptakan sebuah binaural beat yang merangsang aktivitas tertentu di dalam otak. Dengan membantu otak menghasilkan gelombang tertentu, maka kita dapat menginduksi bagian yang berbeda dari kewaspadaan, tergantung pada tujuan apa yang akan kita lakukan.

Musik juga dapat meningkatkan daya tahan dan mengalihkan perhatian dari segala rasa kelelahan ketika sedang berolahraga. Setelah berolahraga, coba dengarkan lagu-lagu dengan irama yang pelan. Karena dengan mendengarkan musik tersebut, akan membantu merangsang otot-ototmu untuk memulihkan diri lebih cepat. Pasien yang akan menjalani operasi juga biasanya di dengarkan musik yang bertujuan untuk membuat tubuh relax.

Yang terakhir adalah, mendengarkan musik dapat membantu kamu untuk lebih fokus saat berkendara. Maka sudah wajib hukumnya di dalam sebuah mobil ada radio tape. Sedangkan bagi para pengendara roda dua, kamu bisa menggunakan headset untuk mendengarkan musik ketika sedang di perjalanan. Namun meskipun banyak manfaat mendengarkan musik, kamu juga perlu berhati-hati. Jangan mendengarkan musik terlalu keras karena akan mengganggu fungsi pendengaran. Ketika sedang berkendara juga sebaiknya jangan maksimalkan volume musik, karena dapat membahayakan diri sendiri dan orang lain.

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>