Camera 360

Sosok guru kini sering kali dilupakan.

Guru adalah salah satu orang yang paling berjasa dalam hidup kita. Bagaimana tidak, semua orang yang pernah menjadi siswa belum tentu bisa menjadi guru. Mungkin jika tidak ada guru, kita saat ini belum bisa membaca ataupun menulis. Meskipun menjadi guru bukanlah hal yang mudah, ditambah ada yang masih berstatus guru honorer. Namun mereka tetap mengabdi kepada negara, demi mencerdaskan bangsa Indonesia.

Maka tidak heran jika guru dijuluki sebagai pahlawan tanpa tanda jasa. Jika PNS-PNS pada umumnya memiliki gelar/jabatan/pangkat yang melekat, hal ini tidak terjadi pada guru. Persis satu hari yang lalu, guru merayakan hari Guru Internasional. Meskipun di Indonesia hari guru baru diperingati pada tanggal 25 November mendatang.

Lalu apakah kita selaku mantan murid, masih dapat menghafal nama guru-guru yang pernah mengajari kita? Rasanya hanya beberapa guru yang masih dapat melekat di otak kita. Guru sendiri berasal dari bahasa Sanskerta yang memiliki arti harfiah “berat”. Guru adalah seorang pengajar suatu ilmu, baik ilmu pengetahuan maupun ilmu-ilmu yang lain, misalnya ilmu bela diri.

Untuk menghormati para pahlawan tanda jasa ini, diciptakanlah lagu dengan judul “Hymne Guru”. Lagu karangan Sartono ini memang sangat menyentuh hati. Apalagi biasanya lagu ini dinyanyikan pada saat perpisahan sekolah.

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>