Pada tanggal 15 Oktober mendatang, akan diperingati sebagai hari hak asasi hewan Internasional. Ya, ternyata tidak hanya manusia loh yang mempunyai hak asasi. Binatang pun mempunyai hak yang serupa. Adapun lima unsur yang menjadi kebebasan hewan, yang diantaranya:

  1. Bebas dari rasa lapar dan haus
  2. Bebas dari rasa sakit, cidera dan penyakit
  3. Bebas dari ketidaknyamanan, penganiayaan dan penyalahgunaan
  4. Bebas dari rasa takut dan tertekan, dan
  5. Bebas mengekpresikan perilaku alaminya

Jadi, jika kamu mempunyai hewan peliharaan di rumah wajib disayangi dan dilindungi ya. Kita sebagai manusia sudah seharusnya melestarikan alam dan apa yang ada di dalamnya. Janganlah ada lagi kasus-kasus yang menyebabkan hewan terluka atau bahkan mati. Jangan ada lagi gajah yang harus mati karena manusia ingin mengambil gadingnya. Harimau mati karena manusia ingin mengambil kulitnya dan orangutan yang dibunuh demi lahan sawit.

wrs

Jangan biarkan orangutan punah.

Hmmm, seharusnya manusia sebagai pemimpin di muka Bumi ini bertindak adil. Adil dalam berbagai pihak, karena manusia di Bumi tidak hidup sendiri. Ada tumbuhan dan hewan yang selalu pasti berada di sekitar kehidupan kita. Jangan ada lagi hewan punah karena harus diburu oleh manusia. Adapun latar belakang organisasi kesehatan hewan dunia (OIE) sudah dirintis sejak tahun 2001. Pada tahun 2004, OIE menyelenggarakan konferensi internasional yang bertujuan meningkatkan kesadaran negara anggota dan menjelaskan tentang inisiatif OIE dalam menetapkan standar-standar tersebut.

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>