Kesehatan adalah anugerah yang tidak ternilai dan tidak tergantikan oleh apapun. Untuk itulah penting bagi kita untuk tetap menjaga kondisi badan agar tetap sehat. Indikator kesehatan sendiri di definisikan oleh WHO (World Health Organization) adalah “Variabel untuk mengukur suatu perubahan baik langsung maupun tidak langsung.” Sebenernya kita dapat mengetahui kondisi badan, dengan hal sederhana loh. Apalagi saat ini memang cuaca sedang tidak bersahabat, jadi sebaiknya kita perlu extra waspada ya Flixer supaya tidak tumbang. Apa saja sih caranya untuk mengecek kondisi badan? Ini dia indikatornya.

  1. Air Seni

Nah indikator yang pertama yang dapat kita ketahui tentang baik buruknya keadaan badan kita adalah dengan air seni. Jika umumnya warna air seni adalah kuning, kamu wajib waspada jika urin yang kamu keluarkan berwarna hijau atau biru atau warna lainnya. Karena jika warna urinmu berbeda dari hari-hari biasanya, dapat dipastikan kamu harus segera memeriksakan kondisi badanmu ke dokter.

  1. Hidung Tersumbat

Kita mungkin lebih akrab menyebutnya dengan pilek. Kondisi tersebut sangatlah mengganggu, apalagi pada umumnya salah satu lubang hidung tersumbat. Jika sudah begini, segera minum obat dan perbanyak konsumsi vitamin C.

Flu-dan-Batuk

Jaga kondisi badan sebelum tumbang.

  1. Berat Badan

Untuk urusan yang satu ini, pasti kaum hawa yang paling panik jika terjadi kenaikan berat badan. Wajar saja jika para wanita takut di bilang gemuk, bagi wanita berat badan adalah segalanya. Jika berat badanmu naik dengan tiba-tiba, bisa jadi kamu terkena hipotiroidisme. Umumnya para penderita hipotiroidisme mengalami kram otot, pucat, serta mengalami kelelahan.

  1. Mendengkur

Mungkin untuk indikator yang satu ini, kita wajib melibatkan orang lain. Pasalnya mendengkur dilakukan pada saat orang terlelap, artinya kita sebagai orang yang tidur tidak dapat mengetahui kita mendengkur atau tidak. Jangan anggap sepele menyoal keadaan ini, ditakutkan kamu terkena sleep apnea. Sleep apnea sendiri merupakan ganguan tidur yang dapat menyebabkan penderitanya mengalami resiko gagal jantung.

  1. Kulit

Masa iya sih, kulit menjadi indikator kesehatan kita? Faktanya kulit juga dapat membantu kita untuk mengetahui kesehatan tubuh kita. Baiknya jika kamu merasa kulitmu gatal-gatal atau ada perubahan-perubahan seperti tahi lalat atau luka yang sulit diobati. Maka sebaiknya segera periksakan keadaanmu ke dokter ya Flixer. Bisa jadi itu adalah gejala ganguan liver atau bisa jadi itu adalah tumo ganas pada kulit.

Jadi, Flixer sudah tahukan apa-apa saja yang menjadi indikator kesehatan bagi tubuh kita. Jadi sebaiknya kita harus menjaga keadaan tubuh kita sebaik mungkin. Karena mencegah jauh lebih baik daripada mengobatikan?

 

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>