Lari adalah salah satu jenis olahraga yang sangat murah. Bukan tanpa sebab jika lari dikatakan sebagai olahraga yang murah. Hanya bermodalkan sepatu dan kaos kaki, kamu sudah bisa berlari. Berbeda dengan olahraga lainnya yang masih memerlukan perlengkapan tambahan terlepas dari dua komponen tersebut. Tapi jangan sepelekan lari ya, sebelumnya kamu harus pemanasan terlebih dahulu agar otot-ototmu tidak tegang. Berikut tujuh manfaat berlari untuk kesehatan badan kamu.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Jika kamu ingin menjaga kesehatan jantung, maka lari adalah salah satu olahraga yang tepat. Bahkan penelitian mengatakan bahwa dengan berlari sejauh 16 km dalam seminggu dapat menekan resiko terkena gangguan tekanan jantung darah sebanyak 39%. Karena dengan berlari, sirkulasi darah kamu akan semakin lancar.

  1. Menurunkan Berat Badan

Mau kurus, tapi nggak mau ribet? Kamu wajib coba dengan cara berlari secara rutin. Faktanya berlari dapat membantu untuk membakar kalori.

  1. Awet Muda

Meskipun tidak ada penelitian khusus mengenai yang satu ini, namun kegiatan berlari yang menghasilkan keringat akan mengeluarkan racun dari dalam tubuh kita melalui pori-pori. Itu sebabnya badan terasa kulit terasa lebih kencang dan sehat.

  1. Mengatasi Stres

Berlari juga dapat membantu kamu untuk menghilangkan stres. Lari yang memaksimalkan fungsi penerimaan dan pengeluaran pernafasan, dapat membantu kamu untuk mengeluarkan hormon stres yang ada dalam tubuh.

  1. Umur Panjang

Dalam sebuah penelitian dikatakan bahwa dengan berlari 56 Km dalam seminggu, akan menekan resiko kematian hingga 54%. Jadi sekarang sudah tahu deh, harus berbuat apa jika mau berumur panjang. Hehehe

  1. Tidur Nyenyak

Mungkin kamu tidak mengira bahwa salah satu manfaat berlari adalah dapat membuatmu tidur dengan nyenyak. Dengan berlari, otot-otot yang terdapat pada tubuh kita menjadi lelah nah hal tersebutlah yang membuat kualitas tidur kita semakin baik.

  1. Menjaga Stamina

Bagi kamu yang suka berlari, pastinya daya tahan kamu jauh lebih baik daripada yang tidak pernah berlari. Baik ketahanan tubuh dari penyakit flu, batuk, pilek juga pasti kamu juga tidak gampang kelelahan.

run

Idealnya berlari, tiga kali dalam seminggu.

Nah, itu dia 7 manfaat berlari untuk kesehatan. Jika kamu ingin tetap sehat, sebaiknya kamu lakukan olahraga lari minimal seminggu 2x. Tapi jangan sampai kelelahan ya, sebaiknya kamu lakukan secara bertahap. Selamat mencoba!

 

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>