Jawa Barat dengan Bandung sebagai Ibu Kota Provinsinya baru saja sukses menggelar PON XIX. Namun kita tidak akan membahas Bandung ataupun gelaran PON yang telah usai dengan Jawa Barat keluar sebagai juara umum. Kita akan membahas, 5 alat musik tradisional yang berasal dari Tanah Legenda.

  1. Angklung

Mungkin kamu sudah tahu bahwa angklung adalah salah satu alat musik tradisional asal Jawa Barat. Ya, alat musik yang memainkannya dengan cara digoyang-goyangkan ini juga telah tercatat pada tahun 2010 oleh UNESCO sebagai Karya Agung Warisan Budaya Lisan dan Nonbendawi.

  1. Calung

Calung memiliki kesamaan dengan angklung, yang sama-sama terbuat dari bambu. Namun bedanya dalam cara memainkannya. Jika Angklung dimainkan dengan di cara digoyang-goyangkan, calung sendiri dimainkan dengan cara di pukul.

  1. Suling

Rasanya Jawa Barat kaya terhadap alat musik yang berasal dari bambu ya Flixer. Nah alat musik tradisional yang satu ini juga berasal dari bambu. Suling, rasanya kamu sudah tau bagaimana bentuk dan cara memainkannya dong. Tapi tahukah kamu bahwa ada 3 jenis lubang suling. Yakini suling dengan lubang empat, lima dan enam.

  1. Kecapi

Alat musik yang satu ini dimainkan dengan cara dipetik. Umumnya alat musik ini digunakan untuk acara-acara adat Sunda.

  1. Celempung

Yang terakhir mungkin kamu baru sekali mendengar namanya. Alat musik yang dimainkan dengan cara dipukul ini umumnya dimainkan ketika sedang acara nikahan, sunatan atau acara-acara adat lainnya.

celempungan1

Celempung, alat musik dari tanah Jawa Barat yang namanya jarang terdengar.

 

 

 

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>