Sumpah Pemuda yang beberapa saat lagi akan kita peringati, tahun ini jatuh pada hari Jum’at. Sumpah Pemuda sendiri merupakan wujud semangat para muda-mudi untuk segera memerdekakan tanah air. Namun tahukah kamu, siapa-siapa saja tokoh-tokoh yang berperan dalam mencetuskan Sumpah Pemuda? Tokoh-tokoh tersebut antara lain: Soegondo Djojopoespito (PPPI), R.M. Djoko Marsaid (Jong Java), Mohammad Jamin (Jong Sumateranen Bond), Amir Sjarifuddin (Jong Bataks Bond),  Djohan Mohammad Tjai (Jong Islamieten Bond), R. Katja Soengkana (Pemoeda Indonesia), Senduk (Jong Celebes), Johanes Leimena (yong Ambon), Rochjani Soe’oed (Pemoeda Kaoem Betawi).

Soegondo Djojopoespito dan R.M. Djoko Marsaid kala itu menjabat sebagai ketua dan wakil ketua panitia kongres pemuda. Pada saat pembacaan ikrar tersebut juga dihadiri oleh kurang lebih 70 orang peserta. Namun rumusan Sumpah Pemuda sendiri berasal dari Mohammad Yamin. Isi Sumpah Pemuda sendiri terdiri dari tiga poin, yakni:

Pertama
Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.

Kedua
Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.

Ketiga
Kami poetra dan poetri Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.

Namun, belakangan ini isu-isu perbedaan adat kebudayaan, agama dan lainnya justru menjadi sumber konflik saat ini. Lantas apakah cita-cita Sumpah Pemuda sudah berjalan dengan semestinya saat ini? Hmmm… rasanya hati kecil kita tahu apa jawaban dari pertanyaan tersebut. Terlepas dari pertanyaan tersebut, sudah sepatutnya kita menjunjung tinggi cita-cita para pahlawan guna mempersatukan Indonesia. Saat ini kita tidak lagi angkat senjata untuk menyuarakan sesuatu. Namun tantangan tetap ada pada diri kita untuk terus memupuk rasa kesatuan. Karena hanya dengan bersatu kita tetap bisa menjadi negara yang besar.

peserta-kongres-pemuda2

Sejarah Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928.

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>