Yap, sesaat lagi kita akan sama-sama memperingati hari Pahlawan yang pada tahun ini jatuh di hari kamis. 10 November menjadi hari dimana para pahlawan nasional dikenang atas jasa-jasanya. Langsung saja kita simak 5 pahlawan revolusi Indonesia yang mungkin saja kamu mendengar namanya.

  1. Achmad Yani

Mungkin nama pertama ini, kamu semua sudah sering mendengar. Beliau yang merupakan Jendral TNI Angkatan darat tersebut, bahkan namanya diabadikan menjadi salah satu nama bandar udara di Indonesia.

  1. Raden Soeprapto

Pria yang lahir 20 Juni 1920 ini merupakan salah satu ajudan dari Panglima Besar Jendral Sudirman. Namun Letnan Jendral ini harus meninggal ketika terjadi gerakan G30SPKI.

  1. Mas Tirtodarmo Harjono

Nasibnya serupa dengan Raden Soeprapto, pahlawan yang berasal dari Surabaya ini juga meninggal akibat peristiwa G30SPKI. Semasa hidupnya ia pernah menjabat sebagai Letnan Jendral TNI.

  1. Siswondo Parman

Mungkin kamu pernah mendengar jalan S. Parman? Yap, nama pahlawan revolusi satu ini memang dijadikan nama jalan di beberapa kota besar di Indonesia.

  1. Donald Isaac Panjaitan

Terbongkarnya rahasia PKI tentang pengiriman senjata dari Tiongkok adalah awal mula PKI marah. Hal tersebut juga yang akhirnya membuat beliau dibunuh pada tanggal 1 Oktober 1965.

Selain lima pahlawan di atas, masih ada lima nama pahlawan revolusi lainnya. Mereka adalah, Sutoyo Siswomiharjo, Pierre Tendean, Karel Satsuit Tubun, Katamso Darmokusumo dan Sugiono. Sudah sepantasnya mereka kita kenang atas pengorbanan dan jasa-jasanya. Yang perlu kita lakukan saat ini adalah menjaga keutuhan dan kesatuan Republik Indonesia.

92645685

Taman Makam Pahlawan Kalibata. Tempat dimana para jenazah pahlawan dimakamkan.

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>