Siapa yang tahu apa makna dari lampu lalu lintas? Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa lampu lalu lintas di Dunia ada tiga warna. Ada yang bersusun vertikal dan ada juga yang horizontal, namun warnanya tetap sama merah, kuning dan hijau. Tapi apakah kamu tahu tentang kenapa tiga warna tersebut yang dipilih sebagai warna lampu lalu lintas? Yuk kita cari tahu sebab dan sejarahnya.

  1. Merah

Nah, ada yang tahu nggak kenapa dipilih warna merah? Warna merah pada lampu lalu lintas mempunyai makna berhenti. Pada zaman dahulu kala peperangan masih terjadi, darah yang identik dengan warna merah dianggap paling mewakili untuk tanda berhenti. Maksudnya tidak lain untuk menghentikan perang. Hmmmm, cukup unik juga ya Flixer.

  1. Kuning

Ada yang beranggapan bahwa warna kuning berarti daun yang akan segera gugur. Nah daun yang telah gugur tersebut akan digantikan dengan daun yang masih muda (hijau). Sehingga warna ini sebagai simbol masa peralihan.

  1. Hijau

Lampu yang terakhir ini memiliki makna boleh berjalan. Warna yang satu ini juga diartikan sebagai lambang kesejukan kedamaian layaknya daun atau pohon-pohon yang rindang.

hari-lahir-lampu-lalu-lintas_FI

Taati peraturan rambu lalu lintas ya Flixer. Karena melanggar lampu lalu lintas merupakan awal dari kecelakaan.

Nah untuk menambah informasi untuk kamu, lampu lalu lintas ini sudah ada sejak tahun 1830. Namun warnanya bukan merah, kuning, hijau. Melainkan merah, hijau dan putih. Namun karena warna putih dianggap kurang terlihat, sehingga terjadilah susunan warna lampu lalu lintas seperti saat ini.

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>