Beberapa waktu lalu, Genflix mengadakan kompetisi penulisan naskah film. Salah satu hadiahnya adalah naskah pemenang akan diwujudkan ke layar kaca. Pemenangnya sudah diumumkan, yaitu duet maut The Jones.

Pasti langsung terbayang Jomblo Ngenes?  Iya. Memang The Jones ini Jomblo Ngenes. Tim yang beranggotakan dua orang. Yaaa, entah sih di kehidupan nyata mereka jones juga atau bukan.

Nah, kali ini, penyelenggara lomba mau buka-bukaan kenapa The Jones bisa menang. Begitu juga dengan The Jones sendiri. Mereka  juga mau membongkar proses sebelum naskah itu berangkat ke ajang Genflix.

Bertempat di Conclave Wijaya pada tanggal 17 November lalu, Genflix mengadakan talkshow yang menghadirkan juri dan pemenang.

Acara ini juga sekaligus menjadi momen penyerahan hadiah kepada pemenang.

img20161117114039-01

How to Make A Great Script

Juri yang menjadi narasumber acara ini adalah Titin Watimena.  Beliau adalah seorang penulis skenario. Salah satunya karyanya adalah film Laskar Pelangi.

Karir Mbak Titin bermula ketika lulus dari Institut Kesenjan Jakarta (IKJ). Awalnya, Mbak Titin berprofesi sebagai asisten sutradara. Profesinya itu membawa beliau berkenalan dengan Rudi Soedjarwo. Mbak Titin kemudian menjadi asisten sutradara Rudi Soedjarwo selama sekitar satu tahun.

Setelah mencicipi karir sebagai asisten sutradara, Mbak Titin mulai menjadi penulis skenario. Saat itu, filmnya adalah Mengejar Matahari. Setelah film tersebut, Mbak Titin menjadi asisten sutradara sekaligus penulis skenario Laskar Pelangi.  Hingga akhirnya, Mbak Titin memilih fokus menjadi penulis skenario.

img20161117123142-01-01

Penggalian Ide

Ide bisa datang kapan pun. Tiap mendapat ide, Mbak Titin pasti segera langsung menuliskannya. Tidak ditunda-tunda karena ide bisa saja tiba-tiba tenggelam lagi. Ide yang sudah dituliskan, suatu saat bisa langsung dipakai ketika dibutuhkan.

Bagi Mbak Titin, kemampuan menulis dialog didapat dari hobi membaca buku. Selain itu, keinginan merekam percakapan sehari-hari juga akan membantu membentuk dialog yang pas.

Hal yang Disukai Penonton

Ketika menonton, lebih suka tayangan dengan bahasa puitis atau bahasa sehari-hari?

Kebanyakan penonton menyukai bahasa sehari-hari. Mudah dicerna, tidak berbelit-belit. Walaupun tidak puitis, yang penting dialog dengan bahasa sehari-hari tersebut mengandung makna.

Sinopsis yang Baik

Sinopsis akan menentukan menarik atai tidaknya suatu naskah utuh. Sinopsis yang baik berisi cerita lengkap. Begitu dibaca, langsung dapat diketahui jalan cerita keseluruhan sampai ending.

Sinopsis ditulis dengan menggunakan sudut pandang orang ketiga. Mbak Titin banyak menemukan sinopsis yang menggunakan “aku”. Walaupun cerita akan menggunakan sudut pandang orang pertama, sinopsis tetap sebaiknya menggunakan sudut pandang orang ketiga.

Sinopsis yang menarik adalah yang bisa membawa pembaca merasakan emosi langsung hanya melalui sinopsis tersebut. Kalau harus sedih, pembaca ikut sedih. Kalau komedi, pembaca ikut terhibur.

Sinopsis yang terpilih adalah yang ceritanya tidak mengawang-awang. Cerita harus mudah diwujudkan. Terlebih, penonton menyukai cerita yang related dengan kehidupan sehari-hari.

The Jones terpilih karena ceritanya lekat dengan kehidupan sehari-hari. Siapa, sih, yang tidak pernah mengalami masa-masa galau jomblo? Kalaupun tidak pernah, mungkin pernah kecipratan ngenesnya teman jomblo.

Tips untuk Penulis Pemula

Penulis pemula harus percaya diri untuk dibaca. Yaaa, kalau tidak dibaca orang lain, bagaimana bisa menjadi penulis, kan?  Untuk awal, cobalah meminta pendapat orang terdekat.

Kalau ada yang mengatakan tulisan kita jelek, coba jujur kepada diri sendiri. Mungkin memang tidak bisa menulis. Keras diri sendiri tidak masalah supaya ke depannya menjadi lebih baik.

Kalau perlu, calon penulis bisa bergabung dengan sekolah kepenulisan. Di sekolah, selain mendapat ilmu, networking pun akan semakin luas.

Mengalami Writer’s Block?

Sebenarnya tidak ada tips khusus untuk mengatasinya. Setiap orang mempunyai cara berbeda. Mbak Titin biasanya mengatasi hal tersebut dengan meninggalkan tulisannya terlebih dahulu. Bisa sehari, dua hari, atau bahkan sebulan. Tapi, kalau terlalu lama juga tentu tidak baik. Listrik di rumah bisa keburu dicabut PLN.

Mungkin cara paling ampuh untuk mengatasi writer’s block adalah dengan mengingat deadline. The power ofkepepet.

Hal yang terpenting bagi seorang penulis adalah suka menulis. Asah teknik dan kembangkan networking.

Di Balik Layar The Jones

Dua personil The Jones adalah teman yang berdekatan tempat tinggal. Secara kebetulan, mereka menemukan info kompetisi Projectv Genflix. Mulailah keduanya menggarap naskah.

img20161117125229-01

Semula, keduanya bermaksud membuat skenario semacam review. Ketika berselancar di dunia maya dan melihat fenomena yang ada sekarang, ide pun berubah. The Jones lahir karena kebaperan dan kegalauan yang seolah menjadi tren saat ini.

Naskah The Jones mudah direalisasikan. Ketika membaca sinopsisnya, Mbak Titin langsung bisa merasakan “feel” komedi naskah tersebut. The Jones juga berpotensi menjadi hiburan yang tepat dari Genflix, mengingat sebagian besar penonton Genflix adalah laki-laki.

Kedua personil The Jones sebetulnya bukan komedian ataupun tipikal yang selalu berhumor. Walaupun begitu, mereka bisa melahirkan cerita komedi hingga memenangkan kompetisi.

Judul-judul yang dipakai untuk tiap episode pun diambil dari istilah yang sedang tren sekarang. Misalnya php atau baper.

Skenario The Jones dibuat berdua. Setelah ada skenario, dibuatlah breakdown properti. Apa saja yang dibutuhkan? Di mana lokasi pengambilan gambar yang cocok?

Untuk lokasi, ketika pengambilan di suatu lokasi, semua scenes yang memerlukan satu lokasi yang sama diselesaikan lebih dahulu. Barulah setelahnya pindah lokasi. Proses syuting per episode paling lama memakan waktu 2-3 hari. Biasanya, lama karena harus pindah-pindah lokasi.

Saat ini, The Jones sudah tayang di Genflix.

Apa yang Baru dari Genflix?

Genflix merupakan aplikasi karya anak negeri. Genflix banyak menghadirkan konten lokal maupun internasional. Saat ini, Genflix bahkan sudah mempunyai channel anime: ANIMAX.

Upgrade yang dilakukan Genflix menjadikannya dapat bekerja lebih cepat hingga 80% dari sebelumnya. Genflix juga sudah support sinyal 3G. Jadi, kalau sinyal tiba-tiba berubah dari 4G menjadi 3G ketika menonton, tidak akan macet.

Sekarang, ada fitur download juga. Begitu datang ke tempat yang ada wifi, bisa langsung download dan dinikmati di rumah atau ketika naik pesawat. Genflix bisa dinikmati melalui smartphone, website, atau pun televisi.

Di Genflix, ada beragam tayangan yang bisa diakses gratis. Untuk mendapatkan full access, bisa dengan subscribe. Pembayarannya bisa melalui kartu kredit, bank transfer, kantor pos, Watson, bahkan Alfamart.

Berlangganan Gratis

Kalau ingin berlangganan gratis, ajak teman menggunakan Genflix melalui program affiliate. Link referal untuk affiliate bisa didapat di bagian menyerupai kado pada aplikasi. Link tersebut bisa di-share ke media sosial. Kalau ada yang mendaftar Genflix melalui link itu, orang tersebut akan mendapat Rp29.000 dan pemilik link referal akan mendapat Rp10.000. Nominal tersebut bisa digunakan untuk berlangganan Genflix. Dengan begitu, bisa menonton beragam film dengan gratis.

Ssstt… Kalau mau pakai link referalku juga boleh, loh. Lumayan kan bisa free subscription Rp10.000. Hihi. Ini linknya: https://genflix.app.link/lMfvUPesvy

img_20161122_161618

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>