Hayo, kamu bisa jawab nggak Flixer? Selain jumlah pemain dan ukuran lapangan termasuk gawangnya, kamu tahu nggak sih perbedaan olahraga yang sama-sama menggunakan kekuatan tim untuk meraih kemenangan?

  1. Jenis Bola & Jenis Sepatu

Dari jenis bola, sepak bola memiliki ukuran lebih besar daripada bola futsal yakni 68-70cm (uk.5) sedangkan bola futsal berukuran 62-68cm (uk.4). Sepatu juga menjadi dasar yang mencolok perbedaan keduanya. Jika futsal dapat menggunakan sol karet, tidak halnya dengan sepatu sepak bola. Sepatu sepak bola menggunakan pul keras sebagai bagian bawah sepatu.

  1. Bola Keluar

Jika bola meninggalkan lapangan, yang terjadi pada sepak bola adalah lemparan ke dalam. Namun dalam futsal, tidak ada istilah tersebut. Yang ada hanya tendangan ke dalam dan yang boleh melakukan lemparan dalam futsal adalah seorang kiper.

  1. Pergantian Pemain

Dalam sepak bola hanya diperbolehkan mengganti 3 orang pemain (laga persahabatan tidak dihitung ya Flixer) namun dalam futsal tidak ada batas pergantian pemain. Bahkan pemain yang sudah ditarik keluar dapat mainkan kembali.

  1. Time Out & Injury Time

Dalam setiap babaknya dalam olahraga futsal, setiap tim memiliki satu kali Time Out yang tidak dipunyai oleh sepak bola. Sebaliknya, jika di sepak bola ada Injury Time maka hal tersebut tidak akan kamu jumpai di futsal.

  1. Offside & Pelanggaran

Offside hanya ada di dalam sepak bola dan tidak ada di futsal. Futsal hanya melarang para pemain membalikkan bola kepada kiper sebelum melewati tengah lapangan atau bola telah menyentuh lawan. Sedangkan pelanggaran pada dasarnya sama ada kartu kuning dan kartu merah. Namun yang membedakannya, jika dalam sepak bola tidak ada pembatasan dalam pelanggaran di futsal terdapat pembatasan. Dalam futsal jika sebuah tim telah melakukan lima kali pelanggaran, maka tim lawan akan mendapatkan tendangan penalti kedua atau yang sering dikenal dengan second penalty.

Itu dia informasi tentang perbedaan olahraga futsal dan sepak bola. Semoga informasi ini bermanfaat buat kamu ya Flixer. Selamat berolahraga.

maxresdefault (2)

Saat ini sudah tidak kaum laki-laki saja yang gemar bermain sepak bola atau futsal. Para wanita pun sekarang sudah banyak yang menikmati olahraga yang cukup keras ini.

 

 

 

 

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>