Terletak di Indonesia bagian Timur, tepatnya di Nusa Tenggara Timur terdapat sebuah danau yang mempunyai keunikan dengan memiliki tiga warna. Yap, jika kamu menebak danau tersebut adalah danau Kelimutu maka jawaban kamu tepat! Karena pesona keindahannya, danau ini pernah jadi gambar di uang rupiah pecahan 5.000 loh Flixer pada sekitar tahun 1990an. Kelimutu sendiri punya arti gunung yang mendidih (keli=gunung, mutu=mendidih). Maka tidak heran memang air yang ada di danau tersebut adalah air yang sangat panas.

Tiga warna yang terdapat di dalam danau tersebut juga dapat berubah-ubah sewaktu-waktu. Tidak hanya itu, masing-masing danau juga mempunyai nama dan arti tersendiri bagi masyarakat sekitar. Tiwu Nuwa Muri Koo Fai merupakan danau yang mempunyai warna biru dianggap merupakan tempat berkumpulnya arwah para gadis dan pemuda. Tiwu Ata Polo yang mempunyai warna merah, merupakan tempat para jiwa orang jahat dan yang terkahir Tiwu Ata Mbupu. Warna danau yang terkahir putih dan diyakini disinilah tempat para arwah orang-orang tua berkumpul.

Oia, jika kamu menyempatkan berlibur kesana usahakan datang pagi-pagi ya Flixer. Karena kamu dapat melihat indahnya sang mentari terbit sambil menikmati pesona danau nan indah tersebut.

hipwee-gunung-kelimutu-1446799734

Pesona keindahan danau Kelimutu nampak dari atas.

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>