Siapa yang sudah punya rencana berlibur ke Singapura dalam waktu dekat? Yap, selain jaraknya yang dekat dan bisa ditempuh via udara (kurang dari 2 jam) atau via laut dengan kapal ferry dari Batam (sekitar 1 jam), ada lumayan banyak tempat hiburan yang bisa dikunjungi. Sebut saja Merlion (patung singa yang menjadi landmark negara), China Town, Little India, Sentosa Island, casino di Marina Bay Sands dan tentunya, Universal Studio. Meskipun tiket pesawat kesana relatif terjangkau (bisa hanya Rp 800.000 PP kalau pintar nyarinya), sayangnya kondisi mata uangnya cukup tinggi sekarang, kisaran Rp 9.400an. Untuk gampangnya, anggaplah 1 SGD (Singapore Dollar) itu = Rp 10.000.

Nah, jika kamu berencana pergi ke Singapura untuk pertama kalinya dengan budget minim, berikut ada beberapa tips yang bisa dipertimbangkan:

1) Akomodasi Murah

Kalau kamu bukan tipe yang terlalu pemilih soal tempat tinggal, kamu bisa nginep di banyak pilihan hostel di Singapur, salah satunya di daerah Little India. Toh kan akan banyak jalan-jalannya, hostel/hotel sekedar untuk tidur dan mandi kan? Hehe.. Kisaran harga sekitar Rp 150.000 untuk kasur tingkat model asrama. Atau, kalau kamu rame-rame sama temen, bisa juga sewa apartment via airbnb.com.

2) Singapore Tourist Pass

Sistem transportasi di Singapur itu nyaman dan terkoneksi. Untuk hemat waktu dan gak repot pake kembalian, mendingan kamu beli aja kartu [Tourist Pass]. Kartu ada untuk durasi 1 hari, 2 hari dan 3 hari. Bedanya sama kartu MRT biasa, Singapore Tourist Pass ini saldonya unlimited! Kamu bisa naek MRT, LRT, bus sepuasnya selama kartu masih valid. Jadi gak perlu khawatir kalo saldo kurang atau harus top-up dulu. Harganya SGD 10 (1 hari), SGD 16 (2 hari), SGD 20 (3 hari) plus deposit kartu SGD 10 yang bisa ditarik lagi pas pengembalian kartu. Untuk kamu yang jalan-jalan di Singapur 3 hari, kartu ini worth it banget deh!

3) Bawa Cemilan!

Sebenernya gak ada yang khas-khas banget dari segi makanan disana.  Tapi biar lebih berasa ‘Singapur’ nya, better kamu cobain tempat-tempat makanan yang di jalan (tenda/toko kecil) daripada resto-resto atau fastfood. Daerah Chinatown dan Bugis Street biasanya banyak menjadi tujuan, atau kalau mau yang kerenan, coba ke Clarke Quay. Kalo budget kamu minim, perhatiin dulu harganya. Karena walaupun tulisannya kayanya kecil (misalkan SGD 5) buat 1 set menu, kalau kamu rupiahin, itu bisa Rp 50.000 sendiri. Gak usah gengsi kalo jadi budget traveller, bawa makanan dan cemilan (abon, biskuit atau mie) dari negara asal udah lumrah kok. Dan kalau memang kamu tinggal di hostel, coba cek dulu ada dapur yang bisa dipake bersama ga? Lumayan kan bisa masak mie sendiri, hehe. Jangan lupa sediain cemilan di tas. Karena ntar keasyikan jalan-jalan foto-foto, lupa makan, hehe.. Lumayan kan camilan bisa ganjel :) Oh ya, kalo kamu pergi rame-rame dan mau hemat, coba makan di tempat-tempat India/Arab. Porsinya banyak, jadi bisa sharing, hehe

4) Bawa Botol

Meskipun air keran di Singapur itu aman untuk diminum, tetep aja berasa ada keran-kerannya _(halaaah)_. Mendingan kamu bawa botol kosong, terus isi air dari hostel/hotel. Kalau memang disana ada kulkas, sebenernya air keran yang udah dingin itu sama aja kaya air botolan rasanya. Air mineral kemasan disana (banyak 7/11) harganya mulai dari SGD 0.8 – SGD 2, lumayan kan kalo di rupiahin.. bisa beli berapa botol coba di Indonesia? 😀

botol-minum-1

Nggak usah malu untuk bawa botol minum sendiri Flixer. Lumayan buat hemat uang jajan selama berada di negeri singa tersebut.

5) Tempat Wisata Gratis

Selain Orchard Road, katanya belum sah ke Singapur kalo ga ke Universal Studio (USS). Tapi harga tiket masuknya lumayan, sekitar Rp 700.000an. Apalagi kalo ga bawa anak kecil, paling di dalem cuma main beberapa wahana terus foto-foto. Wahananya juga kebanyakan model roller coaster, dan antriannya lucu-lucu. So, cukup untuk MRT kesana dan foto-foto di depan bola dunia USS dan sekitarnya juga uda keren.

Penasaran dengan lanjutan tipsnya, yuk baca artikel selanjutnya Flixer!

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>