Cuci Terlebih Dahulu Baju Yang Baru Dibeli, Jangan Langsung Dipakai

Dari sebagian banyak orang mungkin banyak yang menyepelekan baju baru yang langsung dipakai dan tidak dicuci. Mencuci pakaian yang baru dibeli apakah itu penting ? dari sekiang banyak orang mungkin akan menjawab iya dan sebagian menjawab tidak. Apakah ada manfaatnya dengan mencuci pakaian yang baru dibeli.

Nah, ayo kita cari tahu.

Dalam beberapa kasus, walaupun sangat jarang dilakukan, mencuci pakaian yang baru saja kita beli dapat membantu mencegah risiko terkena alergi dan penyakit lainnya.

Seperti sebuah laporan dari TIME yang menyebutkan, memakai pakaian baru tanpa dicuci terlebih dahulu bisa menyebabkan tertularnya alergi dermatitis.

Alergi dermatitis adalah merupakan suatu reaksi yang diakibatkan kulit yang terpapar oleh benda asing.

Di dalam pakaian yang baru, terdapat bahan-bahan kimia yang digunakan untuk pembuatan baju tersebut.

Dengan mencuci pakaian baru, paling tidak akan mengurangi risiko reaksi yang muncul pada kulit karena kandungan pewarna pakaian ataupun bahan-bahan kimia lainnya.

Beberapa kasus, banyak pasien yang mengeluh karena kulitnya timbul ruam-ruam diakibatkan oleh alergi setelah menggunakan pakaian yang baru tanpa dicuci terlebih dahulu.

Di tahun 2014, sekelompok peneliti dari Universitas Stockholm memeriksa sekitar 31 sampel pakaian dari berbagai gerai ritel dan toko.

Walaupun potongan pakaian berbeda satu sama lain dalam halnya seperti beda merek dan warna, 29 dari 31 item itu mengandung Quinolin, atau salah satu turunannya.

Quinolin ini adalah sejenis senyawa kimia yang dikategorikan sebagai karsinogen, yaitu merupakan zat yang menyebabkan timbulnya kanker.

Maka dari itu, jangan sekali-kali untuk menyepelekan mencuci pakaian yang baru dibeli. Lebih baik sekarang cuci terdahulu baju yang baru di beli, sebelum dipakai.

Sumber Foto : img-o.okeinfo.net

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *