Hati-Hati Bahaya Gas Beracun Di Kawah Gunung Tangkuban Perahu

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Meminta masyarakat untuk tetap berhati-hati terhadap gas beracun yang dikeluarkan oleh Kawah Ratu dan Kawah Upas, yang merupakan Kawah utama Gunung Tangkuban Parahu.

“Ancamannya adalah gas vulkanik yang berbahaya, semburan lumpur dan abu tebal”, ujar kepala PVMBG, Kasbani, saat ditemui di Pos Pengamatan Gunung Api Tangkuban Parahu PVMBG, Senin (29/7).

Kasbani pun mengatakan, pihaknya telah mengukur 5 titik di kawah Ratu dan Upas. Secara visual teramati dua kawah ini masih mengembuskan asap putih dengan ketinggian 30 meter.

Walaupun ada ancaman bahaya gas beracun, Kasbani mengatakan rekomendasi PVMBG masih tidak berubah yakni tidak boleh ada aktivitas kegiatan manusia di jarak 100 meter dan bibir kawah dan 500 meter dari pusat kawah.

“Area parkir pun masih cukup riskan karena masih ada embun asap. Makin masuk dalam kawah potensinya semakin besar. Di luar 100 meter gasnya sudah terurai.” Ucapnya.

“Gunung ini termonitor sangat bagus. Gas beracun masih ada di sekitar kawah, tapi kalau kemungkinan erupsi besar lagi tidak ada” Tambahnya.

Sumber Foto: republika.co.id

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *